4 Fakta Mahasiswa Indonesia di Turki

keindahan di Turki
sumber: internet

Fakta mahasiswa Indonesia di Turki kami sajikan berdasarkan banyak informasi yang kami himpun. Terutama dari info mahasiswa yang berada di Turki, juga dari website-website dan PPI yang tercantum di website lain.

Turki memang sedang fenomenal. Namanya melambung, bahkan Turki menjadi negara favorit kuliah di luar negeri. Di samping biayanya yang cukup murah, juga karena kualitasnya yang istimewa dan sangat modern.

Terlebih Turki merupakan pertemuan dua budaya, Eropa dan Asia, sehingga menjadikan Turki sebagai negara yang kini menjadi tujuan para pelajar dunia. Berikut fakta mahasiswa Indonesia di Turki yang menarik.

Jumlah Mahasiswa Indonesia di Turki

Berdasarkan aa.com, jumlah mahasiswa di Turki semakin hari semakin bertambah. Mereka memandang Turki menjadi negara Idama untuk belajar segala hal. Di tahun 2018, mahasiswa Indonesia di Turki berjumlah 1140 (PPI).

Jumlah ini tentu akan terus meningkat. Bahkan pada tahun 2019, angka ingi sudah bertambah menjadi 1.500. Angka ini cukup besar bila melihat Turki sebagai negara cukup jauh dari jangkauan masyarakat Indonesia.

Kota Favorit Mahasiswa Indonesia di Turki

Di Turki terdapat sangat banyak universitas favorit, namun demikian fakta mahasiswa Indonesia di Turki justru banyak yang memilih universitas di wilayah Istanbul dan Ankara. Maklum, dua kota ini merupakan kota yang besar, dan cukup Indah bagi orang di luar Turki.

Ankara | Sumber: Kayak.com

Istanbul memiliki identitas di dua benua, Eropa dan Asia. Sehingga keindahan dan kemodernan Eropa serta keramahan masyarakat Asia menyatu menjadi satu. Sedangkan Ankara adalah ibu kota saat ini. Kotanya tenang dan nyaman, juga arsitektur Yunaninya sangat kental. Sehingga terlihat eksotis.

Dari dua kota inilah mahasiswa mudah menjangkau ke mana saja. Oleh sebab itu mahasiswa Indonesia di Turki cenderung di kota penuh sejarah, seperti pembebasan konstantinopel dahulu kala.

Universitas Favorit Mahasiswa di Turki

Oleh sebab itu banyak mahasiswa Indonesia di Universitas yang berada di kota itu. Seperti Istanbul university dan Ankara university. Universitas-universitas di Turki ini memang memiliki kualitas cukup bagus.

Tidak hanya bagus dalam kapasitas lokal Turki, tapi juga bagus dalam standard internasional. Beberapa universitasnya telah mendapatkan penghargaan dari Eropa.

Universitas lain yang menjadi favorit adalah Sakarya University dan Marmara University. Universitas tersebut juga banyak ditemukan komunikasi dengan Bahasa Inggris. Padahal di Turki komunikasinya lebih banyak menggunakan Bahasa Turki.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Rata-rata Mahasiswa Kuliah Jalur Mandiri

Meskipun Turki merupakan negara maju di eropa, namun demikian bukan berarti biayanya mahal. Justru biaya kuliah di negara sufi ini cukup murah. Dibandingkan Indonesia juga masih lebih murah.

Untuk satu semester ada yang hanya satu juta rupiah. Atau bahkan kurang untuk fakultas-fakultas tertentu. Oleh sebab itu tentu hal ini sangat istimewa sekali. Sehingga fakta mahasiswa Indonesia di Turki cukup terkejut dengan keadaan kuliah di Turki.

Sebabnya adalah subsidi dari pemerintah kepada universitas yang ada di negara Erdogan ini. Setiap Universitas akan mendapatkan subsidi karena memandang pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa.

Biaya hidup di Turki juga murah. Untuk sekali makan ada yang setara kehidupan di Surabaya. Makan bisa 10-15 ribu rupiah sekali makan. Murah kan. Belum lagi kesempatan bisa sembari bekerja. Artinya kesempatan biaya mandiri cukup besar.

mahasiswa Indonesia di Turki

Fakta Mahasiswa Indonesia di Turki

Oleh sebab itu kebanyakan yang kuliah di Turki justru bukan berasal dari beasiswa, justru berasal dari biaya mandiri. Karena biayanya cukup terjangkau. Caranya melalui agen pendidikan seperti ECC.

Melalui agen pendidikan ECC setiap mahasiswa akan mendapatkan pendampingan sebelum pemberangkatan, ketika berangkat, didaftarkan, bahkan sudah dicarikan asrama yang dekat dengan kampus. Cukup nyaman. Bahkan pembiayaannya pun terbuka, tidak akan muncul biaya-biaya tidak terduga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *