5 Alasan Mengapa Kuliah di Turki

Salah satu universitas di Turki

Mengapa Kuliah di TurkiTurki adalah negara yang sedang hangat dibicarakan karena memiliki kemajuan yang cukup pesat dalam lima belas tahun terakhir adalah Turki. Tak hanya di bidang ekonomi dan teknologi, Turki juga sedang getol dan semangat dalam membangun dunia pendidikannya. Sehingga menjadi destinasi favorit kuliah di luar negeri.

Tercatat hampir 200 universitas di Turki yang berlomba untuk memberikan keilmuan dan pendidikan terbaik serta mudah bagi warganya dan warga negara asing. Kondisi inilah yang menjadikan Turki seharusnya cocok dan layak untuk jenjang pendidikanmu selanjutnya.

Oleh sebab itu kami ingin menjelaskan alasan mengapa kuliah di Turki? Inilah beberapa alasan mengapa kuliah di Turki.  

Terletak diantara dua benua, Asia dan Eropa. Budaya dan hampir seluruh kehidupan di Turki tidak banyak membuat warga negara asing merasakan culture shock. Sudah puluhan ribu warga negara asing yang belajar disini dan mayoritas dari mereka merasa cocok dengan lingkungan di Turki. Inilah salah satu alasan mengapa kuliah di Turki.

Mengapa kuliah di Turki

Salah satu contohnya adalah masyarakat Turki yang tetap terbuka dengan bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional. Sekalipun beberapa universitas menjadikan bahasa Turki sebagai bahasa kampus mereka, namun staff dan para dosen tetap mengerti bahasa Inggris sehingga pelajar asing tak merasa kesulitan berkomunikasi. Oleh sebab itu banyak yang menginginkan kuliah di Turki.

  • Pendidikan di Turki dengan Bologna Process

Turki menerapkan Bologna process sejak 2001 yang membuat sistem pendidikan di negara tersebut sama dengan negara-negara di Eropa. Sebagai tambahan, semua universitas di Turki memiliki credit system yang sama seperti di Amerika.

Bologna process dan credit systemnya akan memudahkan lulusan universitas-universitas di Turki dalam pengakuan gelar, jaminan kualitas, kualifikasi kerangka kerja dan akreditasi yang diuniversalkan di Europa Union.

Biaya hidup di Turki

Bila pelajar memiliki nilai TOEFL dan GPA yang cukup, banyak universitas di Turki yang menjalin kerjasama dengan negara-negara di Eropa sehingga program pertukaran pelajar sering dilakukan. Inilah mengapa kuliah di Turki menjadi salah satu tujuan favorit pendidikan.

  • Banyak Peninggalan Sejarah di Turki

Hampir setiap sudut Turki menyimpan sejarah masa lampau. Negeri ini juga memiliki 13 warisan sejarah yang sudah diakui UNESCO. Situs arkeolog dan artefak dari zaman perunggu hingga Mesopotamia kuno menyebar di Turki.

Tak jarang, orang menyebut negeri ini bak museum terbuka bagi siapa saja pecinta sejarah dan artefak. Wisata-wisata sejarah seperti sisa sejarah Sumeria, ada di timur dan selatan Turki. Namun, bila ingin melihat sisa kemegahan Bizantium, pergilah ke barat Turki yang menyimpan wisata alam sekaligus wisata sejarah.

Turki memang negara indah. Karena itulah mengapa kuliah di Turki menjadi daya tarik tersendiri.

  • Living Cost di Turki Murah

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan sebelum akhirnya berangkat ke negara tujuan adalah biaya hidup disana. Untuk negara maju sekelas Turki, biaya hidup disana sangat terjangkau.

Dengan berbagai kenyamanan dan fasilitas yang memadai, biaya hidupnya hampir sama dengan biaya hidup di Indonesia. Bahkan untuk naik transportasi dengan arah yang jauh dan bebas macet, kamu hanya membayar 2.60 TL atau setara dengang 9.100 IDR, cukup murah kan?

Selain transportasi, banyak makanan di Turki yang lebih murah dari di Indonesia. Negeri ini memang terkenal dengan limpahan sumber daya alamnya, sehingga jangan kaget bila kamu akan mendapatkan buah, sayur hingga daging dan ikan segar dengan harga miring. Sebab inilah mengapa kuliah di Turki juga favorit bagi mahasiswa Indonesia.

  • Tuition Fees Terjangkau

Pernah membayangkan bayar semester dengan biaya kurang dari satu juta rupiah? Yup, di Indonesia mungkin hampir tidak ada kampus yang memberikan biaya semurah itu kepada para pelajarnya.

Namun, hal ini tidak berlaku di Turki. Kuliah di Turki memang murah. Beberapa universitas, sebut saja seperti Kastamonu University, Kirklareli University, Bandirma University dan lain sebagainya, masih memiliki beberapa fakultas dengan biaya semester sekitar satu juta rupiah. Wah, sangat murah ya.

Sementara itu, biaya kuliah di universitas-universitas lain pada umumnya berkisar 2 hingga 5 juta rupiah. Bahkan, terdapat fakultas kedokteran yang hanya mematok biaya 7 juta rupiah per semesternya. Biaya yang relatif terjangkau ini tak lepas dari besarnya subsidi yang diberikan oleh pemerintah Turki. Selain itu, pemerintah juga tidak menerapkan uang pangkal dan uang gedung yang dibebankan kepada pelajar. Inilah mengapa kuliah di Turki cukup menjanjikan.

Dengan banyak alasan inilah kuliah di Turki menjadi sangat menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *