5 Fakta Biaya Hidup di Turki

Biaya Hidup di Turki – Hidup di negeri rantau memang tidak mudah, namun juga sangat menarik untuk dilewati. Salah satunya adalah hidup di negara Turki. Bagi kalian yang ingin belajar di negeri dua benua ini, pastikan untuk memiliki informasi yang lengkap sebelum akhirnya memutuskan untuk kuliah di Turki.

Selain informasi kampus, fakultas dan jurusan,dokumen dan persyaratan serta tempat tinggal, kalian juga harus memperhatikan hal yang satu ini. Yeup, biaya hidup sehari-hari di Turki.

Nominal biaya hidup di Turki tentu bergantung pada kota dan pengeluaran kamu sendiri. Bisa jadi murah. Kira-kira, berapakah biaya yang dikeluarkan untuk kehidupan sehari-hari di Turki? Berikut informasi biaya hidup di Turki.

biaya hidup di turki

Bagi kamu yang ingin menyewa rumah bersama kawan-kawanmu, tentu ini merupakan opsi paling baik karena dapat berhemat dan memasak sendiri. Rata-rata harga sewa rumah di Turki berkisar 750 tl hingga 1000 tl per bulannya atau 1.700.000 – 2.300.000 dalam rupiah. Tapi kamu bisa tinggal bersama teman-teman, sehingga biaya hidup di Turki menjadi lebih murah. Tanggung bersama-sama.

Hal ini belum termasuk uang deposit barang bila rumah yang kamu tinggali sudah full furnished ya.

Bila kamu menginginkan tinggal di asrama, maka biaya yang dikeluarkan berkisar 300 tl hingga 500 tl per bulannya atau sekitar 600.000 hingga 1.100.000 dalam rupiah. Semua fasilitas asrama seperti furnitur di kamar, laundry hingga wifi dan penghangat ruangan sudah tersedia.

Namun, kamu tidak diizinkan untuk memasak atau membawa tamu ke dalam asrama dengan alasan keamanan. Cek lengkap info asrama di sini.

  • Biaya Hidup di Turki | Transportasi

Sebenarnya untuk pengeluaran transportasi tergantung pada kebutuhan kamu. Apakah akan berjalan kaki dari tempat tinggal ke kampus atau naik bus. Rata-rata biaya naik bus adalah 1,5 tl per sekali jalan atau 3.500 rupiah, sehingga untuk pulang pergi, kamu membutuhkan biaya 3 tl atau 7000 rupiah.

Dalam sebulan, diperkirakan kamu akan mengeluarkan biaya sebesar 60 tl atau sekitar 140.000. Ini hanya untuk hitungan pergi ke kampus dan tempat tinggal saja ya, tidak untuk perjalanan lainnya.

Oleh sebab itu untuk faktor ini lebih baik jika tinggal di asrama ketika kuliah di Turki, akan lebih dekat menuju kampus.

  • Biaya Makan di Turki

Harga-harga makanan di Turki pada umumnya tak terlalu mahal. Namun, jangan disamakan antara makan di restoran dengan warung pinggir jalan. Bagi kamu para pelajar yang tinggal di rumah sewa, biasanya masjid sekitar memiliki program berbagi sembako yang dapat dimanfaatkan. Isinya juga bukan sembako kaleng-kaleng ya, ada beras, minyak, mie, telur dan lain sebagainya.

Namun, untuk kamu yang tinggal di asrama atau di rumah sewa namun tak mendapat jatah masjid, 80 tl selama satu bulan atau 180.000 rupiah adalah harga yang kira-kira harus dikeluarkan. Murah kan di Negara yang begitu indah.

 

  • Paket Data

Kini, selain sandang pangan papan, rupanya kuota juga sudah menjadi kebutuhan utama. Harga paket data paling murah di Turki adalah 20 tl atau 45.000 dalam rupiah, jadi akan sangat baik bila kamu hanya memanfaatkan wifi yang ada di kampus dan asrama.

Bila tidak ada wifi di rumah sewamu, maka siap-siap untuk mengisi paket data dengan harga yang cukup lumayan. Oleh sebab itu, untuk kamu yang tinggal di rumah sewa, ada baiknya memasang wifi dan menggunakannya secara bersama-sama dengan teman-temanmu. Bayangkan saja seperti kuliah di Jogja atau di Malang. Hehehe.

  • Pengeluaran Rumah

Bagi kamu yang tinggal di rumah sewa, tentu kamu harus membayar iuran-iuran setiap bulannya. Tidak hanya listrik, namun juga air, wifi dan gas. Besaran biayanya juga tidak pasti sebulannya karena tergantung pemakaian kamu dan teman-temanmu. Namun, rata-rata biaya yang kami dapat untuk rumah dengan 4 orang penghuni adalah :

Listrik 73 tl – per orangnya 18,5 tl atau setara dengan 43.000.

Air 20 tl – per orangnya 5 tl atau setara dengan

Wifi 73 tl – per orangnya 18,5 tl atau setara dengan 43.000

Gas 170-200 tl  – per orangnya 50 tl atau setara dengan 114.000

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya, gas untuk apa? Kenapa memasak dengan gas sebanyak itu? Gas digunakan untuk menghangatkan udara di ruangan kamu. Turki terkenal dengan cuaca dinginnya yang cukup extreme. Bila kamu tidak memiliki penghangat ruangan, tentu tubuh kita tidak akan kuat dengan cuaca dingin Turki, sebab kita berasal dari daerah tropis.

Namun, jangan terlalu khawatir juga karena Turki juga memiliki musim panas dengan panas yang sama seperti di Indonesia sehingga kita tak membutuhkan pemanas ruangan.

Bantuan ECC Indonesia

ECC Indonesia merupakan agensi pendidikan di Turki yang dikelola oleh pondok pesantren Darul Hikam Mojokerto. ECC akan membantu mencarikan tempat tinggal terbaik selain juga mendaftarkan dan mengantarkan mahasiswa ke Turki. Info lengkap bisa hubungi nomor,

Demikian informasi seputar biaya hidup di Turki ya. Semoga bermanfaat dan memberikan gambaran bagi kamu yang ingin melanjutkan studi disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *