5 Fakta Sakarya University

Sakarta University – Salah satu kota besar di Turki yang terkenal dengan hutan dan sumber mata airnya adalah kota Sakarya. Kota ini juga menjadi salah satu destinasi untuk melanjutkan studi bagi warga Indonesia yang kuliah di Turki.

Letaknya yang strategis, suasana kotanya yang kondusif untuk belajar serta biaya hidup yang lebih terjangkau dari kota-kota lain membuat banyak pelajar memilih Sakarya sebagai tempat kuliah di Turki.

Berada di daerah Marmara, kota juga memiliki sarana transportasi yang ramah bagi para penduduknya. Tak heran para pelajar merasa betah tinggal di kota yang memiliki banyak danau ini. Lantas, bagaimana sih cara kuliah di Sakarya? dan Apa saja informasi penting tentang perkuliahan di Sakarya? Berikut fakta Sakarta University

sakarya university

Berpengalaman selama puluhan tahun dan sudah menjadi universitas negeri sejak tahun 1970, membuat nama Sakarya University cukup disegani. Universitas ini juga telah mendapatkan sertifikat ISO dari EFQM Excellence. Saat ini, terdapat 13 fakultas, 4 institut, 4 perguruan tinggi dan 14 sekolah menengah kejuruan yang tergabung dalam naungan satu manajemen.

Selain penghargaan dari EFQM (The European Foundation for Quality Management), universitas ini juga meraih penghargaan Supreme National Quality Prize dan Prize of Continuity in Perfection. Dengan banyaknya penghargaan yang diraih, makin banyak pula pelajar internasional yang menuntut ilmu di Sakarya University.

foto ilustrasi suasana kuliah di Turki
  • Ujian Masuk Tanpa Tes

Mungkin tak banyak, hingga tulisan ini dibuat, Sakarya University merupakan universitas berkualitas yang tak mensyaratkan tes ini itu terhadap calon pelajarnya. Setelah mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan via online, mengkonversi nilai-nilai kalian ke nilai Turki (ini terdapat pada website), mengisi essay secara online juga, maka kalian tinggal duduk dan menunggu hasilnya dalam beberapa minggu.

Langkah selanjutnya adalah memilih 3 jurusan sesuai minat dan bakat kalian. Setelah itu, silahkan submit dan jangan sampai melewati batas dateline. Nanti, hasil yang didapat adalah dua, bukan hasil gagal atau sukses ya. Hasil yang didapat adalah dimana posisi kalian, apakah langsung diterima atau menjadi pelajar cadangan. Tentu ini cara kuliah di Turki yang menyenangkan.

  • Dokumen Sangat Mudah.

Dokumen-dokumen untuk kuliah di Sakarya University bila masuk jalur mandiri cukup mudah. Persiapkan ijazah/SKHUN/ijazah sementara, transkrip nilai, passport/ ID Card, surat keterangan kesehatan dan pas photo 4,5×6 cm sebanyak 6 lembar.

Jangan lupa untuk menscan dan mentranslate semuanya dalam bahasa Inggris tersumpah. Jika ingin lebih mudah gunakan jasa agen pendidikan di Turki, ECC yang sudah berpengalaman mengantarkan mahasiswa kuliah ke Turki. Info lengkap bisa menghubungi

Motivation letter dan essay juga mempengaruhi poin diterima atau menjadi pelajar cadangan. Jadi jangan asal-asalan saat mengisi poin-poin ini setelah mengupload dokumen kamu. Pastikan tulisan kamu jujur dan terukur. Inilah mengapa Sakarya University menjadi favorit.

  • Timing Pendaftaran Tidak Akan Lama

Terhitung sejak Mei hingga Juni untuk pendaftaran. Selanjutnya, proses daftar ulang adalah pada pertengahan Juli hingga Agustus. Di akhir tahun akan ada kuota tambahan yang pendaftarannya  dibuka pada bulan September hingga Oktober. Benar-benar catat bulannya ya dan jangan lupa untuk sering-sering buka websitenya untuk mengetahui tanggal yang pasti.

Bila ingin segalanya mudah bisa menghubungi agen ECC. Semua akan diuruskan dari persiapan, pendaftaran, hingga tempat tinggal atau asrama di dekat kampus pilihan Anda.

  • Komunikasi dengan Pelajar Indonesia

Saat ini, zaman sudah canggih dan banyak berubah. Kita bahkan tak akan kesulitan untuk menghubungi kawan atau kerabat yang berada jauh dari tempat kita tinggal.

Terkhusus untuk kamu yang akan atau sudah diterima belajar di universitas Sakarya, jangan lupa untuk tetap menjaga komunikasi dengan PPI Sakarya atau komunitas mahasiswa Indonesia di Turki. Setelah kamu diterima atau saat kamu datang ke Turki, maka merekalah yang akan membantumu.

Bila berada di negeri rantau, maka bertemu orang dengan kewarganegaraan yang sama adalah anugrah. Meski tak sedarah, namun terasa seperti keluarga.

Menarik bukan informasi tentang Sakarya University?

Jika kamu berminat untuk melanjutkan kuliah di Sakarya, sebaiknya persiapkan segala mulai dari sekarang. Segera konsultasikan dengan teman yang sudah di Turki, atau melalui biro pendidikan yang berpengalaman, ECC. Info lengkap bisa komunikasi di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *