5 Jurusan Favorit Pelajar Asing di Turki

jurusan favorit pelajar asing di TurkiJurusan Favorit Pelajar Asing di Turki

Selain dikenal sebagai negara dengan keindahan alam dan keragaman sejarah. Negara Turki juga dikenal dengan kemajuan teknologi dan pendidikannya. Para pelajar asing pun berbondong-bondong untuk datang belajar di negara yang pernah menjadi sumber peradaban ini.

Persyaratan untuk melanjutkan pendidikan di Turki pun tak terlalu sulit. Selain itu, beasiswa untuk para pelajar asing gencar diberikan oleh pemerintah Turki dalam nominal yang cukup fantastis. Lantas, apa saja sih yang menjadi jurusan favorit bagi pelajar asing di Turki. Berikut informasinya untuk kamu, semoga dapat menjadi informasi yang berguna ya..

  • Jurusan Ilahiyat di Turki

Bukti sejarah tak bisa memungkiri adanya peradaban sejarah Islam yang sangat kuat di Turki pada zamannya. Hal ini membuat pemerintah membuka pendidikan agama Islam di Turki secara masif di hampir seluruh universitas negeri dan diikuti oleh berbagai universitas swasta.

Dengan nama fakultas ilahiyat, kamu akan belajar banyak tentang segala ilmu yang berkaitan dengan agama Islam seperti ilmu tafsir, hadist, sejarah, teologi, tarbiyah, kalam dan lain sebagainya. Jurusan ini favorit bagi mahasiswa Indonesia yang dari pesantren seperti Gontor, Sidogiri, dan lain sebagainya.

Para pengajar di fakultas ilahiyat terdiri dari para ulama atau yang biasa disebut Hoca dalam bahasa Turki dan tentunya para cendikiawan muslim. Secara umum, pengajaran agama Islam di Turki hampir sama dengan Mesir atau negara islam lainnya, jadi kamu tidak perlu khawatir akan mendapatkan tentang isu radikalisme dalam perkuliahan ya.

Namun demikian yang perlu diperhatikan ketika menempuh jurusan ini adalah kemampuan bahasa Turki. Karena rata-rata pembelajaran menggunakan bahasa Turki. Tapi bahasa Turki juga mirip dengan bahasa Arab lho. hehehe.

  • Jurusan Teknik di Turki

Jurusan teknik sepertinya tak hanya menjadi jurusan favorit di Indonesia saja, para pelajar asing pun berbondong-bondong untuk belajar teknik di negeri tulip ini.

Turki memiliki satu universitas teknik bernama METU atau Middle East Technical University yang masuk dalam 300 universitas terbaik dunia. Universitas inilah yang pada akhirnya menjadi jurusan favorit pelajar asing di Turki.

Dalam jurusan teknik, para pelajar biasanya tidak akan dibebankan dengan banyak tugas sehingga mengharuskan mereka begadang. Praktikum dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perkuliahan akan diselesaikan pada siang hari sehingga waktu bagi para pelajar akan jauh lebih efektif untuk digunakan.

Itulah aspek yang paling membedakan antara kuliah di Turki dan di Indonesia. Tentu hal ini sangat membahagiakan.. hehehe.

  • Jurusan Ekonomi dan Bisnis di Turki

Turki menjadi salah satu negara dengan tingkat ekonomi yang cukup maju dalam beberapa dekade terakhir, sekalipun terdapat isu krisis dalam negeri. Bahkan di tahun 2019, di mana Turki diterpa penurunan mata uang yang tajam, pemerintahan Erdogan tersebut mampu bangkit.

Hal ini yang membuat banyak pelajar asing yang mengambil jurusan ekonomi bisnis di Turki. Seperti yang kita tahu, ekonom dan businessman adalah dua pekerjaan yang tidak hanya membutuhkan softskill sebagai penunjang, melainkan juga teori sebagai landasan. Inilah yang kemudian menjadikan jurusan ekonomi bisnis menjadi laris manis bak kacang goreng bagi pelajar asing.

Beberapa mata kuliah yang nanti akan kamu ambil di jurusan ini antara lain seperti mikroekonomi dan makroekonomi. Tak jauh beda dengan mata kuliah di Indonesia kan? Namun, kuliah di luar negeri tentu memiliki tantangannya sendiri. Sehingga menjadikan Anda lebih fasih memahami ekonomi global.

  • Jurusan Hubungan Internasional di Turki

Sepertinya tren pengamatan politik dalam dan luar negeri cukup meningkat akhir-akhir ini sehingga jurusan hubungan internasional menjadi salah satu jurusan favorit para pelajar asing di Turki.

HI sendiri merupakan jurusan dengan ilmu multidisipliner yang pendekatannya membutuhkan ilmu lain seperti sosiologi, sejarah, politik, antroplogi, psikologi dan lain sebagainya. Sehingga jurusan ini menjadi salah satu favorit pelajang asing di Turki.

Sebagai negara multikultural, Turki memang sangat cocok untuk dijadikan tempat belajar para mahasiswa HI. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertukaran pelajar bagi para pelajar asing dari Turki ke berbagai negara di Eropa yang tentunya membutuhkan skill diplomasi yang baik.

Teknik diplomasi banyak dipelajari di jurusan HI dan hal ini memudahkan para pelajar untuk praktek langsung selama perkuliahan. Inilah salah satu kelebihan jurusan HI di universitas Turki.

Marmara University
  • Jurusan Kedokteran di Turki

Jurusan terakhir yang menjadi jurusan favorit pelajar asing di Turki adalah kedokteran, yang sepertinya juga menjadi jurusan favorit di hampir seluruh dunia.

Perbedaan mencolok kuliah kedokteran di Turki dengan kedokteran di negara lain adalah biayanya yang cukup terjangkau dengan waktu empat tahun kuliah dan sudah diwisuda sebagai dokter, bukan S.Ked.

Selain itu, bagi para lulusan kedokteran yang tidak langsung mengambil spesialis, pemerintah Turki menyediakan lapangan pekerjaan selama sekian tahun (tergantung pada kontrak kerja kamu) untuk nantinya ditempatkan di berbagai daerah di Turki. Menarik bukan?

Itulan lima jurusan favorit pelajar asing di Turki. Apakah kamu akan menjadi salah satunya? Kuliah di Turki tentu menjadi lebih asik ketika Anda mendapatkan jurusan yang tepat dan sesuai passion.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *