5 Keadaan Agama Islam di Turki

kota terbaik untuk kuliah di Turki
Ankara | Sumber: Kayak.com – Keadaan Islam di Turki

Keadaan Agama Islam di Turki

Sebagai mayoritas negara dengan penduduk beragama Islam, negeri tempat asal tulip ini seringkali menjadi destinasi melancong setelah Makkah dan Madinah. Mengapa demikian? Tentu kita semua tahu bahwa sejarah Islam tak lepas dari sejarah bangsa dan negara Turki.

Bagaimana tidak? Selama 600 tahun, agama Islam pernah sangat berjaya di negeri ini hingga gaungnya terdengar sampai Eropa. Kini, masih adakah jejak-jejak keislaman yang tertinggal? Jika menilik pada situs sejarah dan artefak, tentu banyak. Namun, bagaimana dengan budaya dan masyarakatnya? Berikut ulasannya untuk kamu tentang keadaan Agama Islam di Turki.

  • Tidak Lepas dari Doa

Jika kamu memperhatikan pola busana masyarakat Turki, memang tidak serapat orang-orang dari bangsa Arab. Namun, jangan salah ya, masyarakat Turki sangat gemar berdoa dan mendoakan. Kebiasaan baik ini sudah turun temurun dilakukan sejak zaman Turki Utsmani lho.

Salah satu contohnya adalah kita akan terbiasa mendengar pujian tentang masakan rumah yang dimasak oleh sang ibu atau sang istri dengan ucapan, “Masakanmu lezat, semoga Allah sentiasa menyehatkan tanganmu ibu”.

Beberapa hal sepele seperti, merasa senang saat diberikan hadiah, maka dengan senang hati, warga Turki akan menciumimu berkali-kali (tentu yang sesama jenis ya) dan  merapalkan ratusan baris doa, sekalipun hadiah yang kamu berikan terlihat sepele. Wah, budaya Islam yang sangat baik untuk dicontoh ya, tekun berdoa dan saling mendoakan.

Mereka meyakini bahwa doa memang senjata paling mujarab bagi umat Islam. Karena ini pula keadaan agama Islam di Turki cukup membuat mahasiswa Indonesia yang kuliah di Turki sangat nyaman.

fakultas ilahiyat di Turki

  • Gemar Mengucap Salam

Yak, ucapan assalamualaikum tidak hanya familiar di telinga dan mulut kita saja, warga Turki pun sangat gemar mengucap salam, bahkan pada turis sekalipun. Inilah salah satu budaya Agama Islam yang mengakar dengan baik selama ratusan tahun di Turki.

Salam berarti juga doa dalam agama Islam. Maka dari itu, Rasul menyuruh kita untuk menjawab salam dari mukmin lainnya. Dengan banyak menebar salam, kita juga banyak menebar doa.

Inilah yang warga Turki lakukan secara tidak langsung. Dengan seringnya kita mendengar salam dari warga lain, maka negeri yang hadir adalah negeri yang makmur dan sentosa.

Maka ketika Anda berada di Turki, Anda akan menemukan keadaan Agama Islam di Turki tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Anda tidak akan merasa asing. Tertuama di Universitas-universitas terbaik di Turki.

  • Masjid dan Para Wanitanya

Kalau di Indonesia, kita akan sangat terbiasa melihat perempuan-perempuan sholat di masjid ataupun mushola. Namun, hal ini akan sangat jarang kamu temukan di Turki. Mengapa demikian? Memang para perempuan Turki tidak memiliki budaya untuk banyak berpergian tanpa mahram mereka. Keadaan Islam di Turki memang demikian.

Nah, hal menarik lainnya adalah, masjid sangat banyak dikunjungi oleh kaum adam. Selain menjadikan masjid tempat untuk sholat, mereka juga menjadikan masjid sebagai tempat belajar dan kumpul-kumpul.

Bagi para wanita yang mungkin pergi melancong atau sedang harus sholat di masjid, maka bagi mereka yang memakai jeans akan menggunakan semacam baju kurung yang disediakan masjid. Sedangkan bagi para wanita yang sudah memakai rok, maka mereka tidak akan memakai baju kurung lagi.

  • Buka Puasa Gratis Selama Sebulan

Saat datang bulan ramadhan, seperti juga semua masyarakat negara muslim lainnya, warga Turki sangat antusias dalam menyambut bulan penuh berkah ini. Salah satu hal menarik tentang keadaan ramadhan di Turki adalah banyaknya tenda-tenda yang menyediakan makanan gratis.

Hampir semua orang akan berbuka di tenda-tenda tersebut, mereka datang dari berbagai golongan, tidak hanya orang miskin atau orang kaya saja.

Menu yang disediakan juga bermacam-macam, setiap orang akan mendapat kurma, air mineral, nasi, daging, sup dan dessert (makanan penutup). Makanan penutup di Turki biasanya adalah kue-kue manis dan teh hangat. Wah, banyak sekali ya menunya.

  • Islam di Turki Sangat Memuliakan Tamu

biaya kuliah di TurkiHal yang paling unik saat berkunjung ke Turki adalah bagaimana mereka sangat memuliakan tamu yang datang dan menginap di rumah mereka. Tentu konsep ini sama seperti keadaan kaum muslimin di zaman Rasulullah.

Jadi, saat kamu berkunjung ke Turki, kamu tidak perlu merasa khawatir akan pelayanan teman atau kenalan kamu disana. Insya Allah mereka akan menjamumu dengan sangat baik.

Warga Turki percaya, bahwa tamu mendatangkan keberkahan sendiri dari Allah. Inilah yang membuat mereka sangat senang bila kedatangan tamu.

Tak heran, acara tetamuan bisa selesai di tengah malam atau menginap hingga beberapa hari. Tuan rumah sendiri akan menyuguhkan segala yang terbaik dari dapur dan rumahnya. Wah, konsep islami yang sangat baik ya untuk ditiru.

Dengan mengetahui beberapa budaya masyarakat Turki yang cukup agamis, maka insyaAllah keadaan negara Turki juga sangat aman dan cukup islami. Hal ini tentu akan menenangkan kamu yang ingin berpergian atau bahkan melanjutkan studi ke Turki.

Inilah keadaan Agama Islam di Turki yang patut menjadi pertimbangan bagi yang ingin melajutkan studi di Turki. Anda akan merasakaan keindahan Agama Islam dalam keramahan.

Islam di Turki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *