5 Kelebihan Kuliah di Turki

kelebihan kuliah di TurkiKelebihan Kuliah di Turki – Jika pemandangan alam hijau, melimpahnya bukti sejarah, jernihnya air tawar,  hingga eksotiknya lautan sudah menjadi hal yang biasa kita dengar dari Turki.

Kali ini, kami akan mengajak kamu untuk mengetahui hal yang sedang dibahas oleh para pelajar, terutama untuk kuliah di Turki. Yup, bagaimana sih pendidikan di Turki? Apa saja kelebihannya sehingga banyak sekali pelajar internasional yang memilih untuk melanjutkan studinya di negeri Tulip ini?

Tak banyak yang tahu pula lho, bahwa hampir semua universitas di Turki disubsidi oleh pemerintah, sehingga biaya perkuliahan di Turki cukup terjangkau. Apa saja fakta kelebihan Kuliah di Turki? Berikut ulasannya.

Dengan penduduk yang mencapai 72 juta jiwa dan diperkirakan akan menjadi 100 jiwa pada 30 tahun mendatang membuat pemerintah Turki berupaya keras memberikan yang terbaik bagi warganya.

Salah satunya adalah didirikannya dua lembaga yang mengurusi dan mengawasi pendidikan di Turki.  Kementerian Pendidikan Nasional yang membawahi jenjang pendidikan formal (dasar, menengah) dan non formal. Sedangkan Dewan Pendidikan Tinggi membawahi jenjang pendidikan tinggi atau setara universitas di Turki.

Pemerintah Turki sangat perhatian dengan pendidikan warganya, sehingga banyak sekali sekolah yang disubsidi. Tak heran, biaya pendidikan berkualitas di Turki juga cukup terjangkau.

  • Pendidikan Formal dan Non Formal

Kelebihan kuliah di Turki adalah pembagian pendidikan menjadi dua hal, formal dan non formal, pendidikan di Turki memiliki jenjang sendiri. Adapun bagi pendidikan non formal, biasa dilakukan di tempat-tempat ibadah atau tempat-tempat lain selain sekolah yang ditunjuk pemerintah.

Hal yang diajarkan pun cukup beragam, mulai dari agama hingga pengetahuan umum. Pelajar yang tergabung dalam pendidikan non formal rata-rata cukup banyak. Bahkan beberapa diantara pengungsi Suriah yang mengikuti pendidikan non formal di masjid mengaku antusias dalam menjalani “sekolah”nya.

Bagi pendidikan formal, dibagi menjadi beberapa jenjang. Pertama adalah pendidikan pra sekolah bagi anak usia 4-6 tahun (tidak wajib. Kedua, pendidikan utama (wajib) bagi anak usia 6-14 tahun. Ketiga, pendidikan sekunder atau sekolah menengah dan kejuruan bagi anak usia 15-18 tahun. Terakhir, adalah pendidikan tinggi setara universitas. Inilah kelebihan kuliah di Turki.

Suasana di Turki
  • Mengadopsi Bologna Process

Penting diketahui bahwa standar pendidikan tinggi di Turki sudah setara dengan berbagai universitas di Eropa. Hal ini disebabkan oleh Bologna Process yang sudah diadopsi Turki sejak 2001 lalu. Sistem inilah yang membuat lulusan universitas-universitas di Turki mampu disejajarkan dengan lulusan dari berbagai kampus di Eropa. Oleh sebab itu kelebihan kuliah di Turki cukup banyak.

Lantas, apa itu Bologna Process? Mungkin istilah ini terdengar asing di telinga kalian. Tentu karena negara kita tidak mengadopsi pola ini jadi wajar saja bila banyak yang tidak tahu. Bologna Process sendiri adalah perjanjian antar negara-negara di Eropa untuk memastikan komparabilitas dalam standar dan kualitas kualifikasi pendidikan tinggi (universitas).

  • Kesempatan Menjadi Peserta Pertukaran Pelajar

Hari gini siapa sih yang tidak mau untuk menjadi peserta pertukaran pelajar? Tentu akan sangat menyenangkan bila kita mendapat kesempatan tersebut. Selain untuk menambah wawasan dan pengalaman, pertukaran pelajar juga membuat membuat kamu memiliki jaringan pertemanan baru. Tentu diharapkan hal ini akan bermanfaat bagi pendidikan dan karir kamu kelak. Kelebihan kuliah di Turki salah satunya adalah faktor ini.

Kesempatan pertukaran pelajar cukup banyak ditawarkan oleh berbagai kampus di Turki. Pasalnya, mereka telah terlibat dalam bersama dalam “kurikulum” Bologna Process. Sehingga, tak jarang banyak mahasiswa yang bahkan mengikuti pertukaran pelajar lebih dari sekali saat kuliah di Turki.

Keindahan Turki

  • Jurusan “Tidak Biasa” dalam Universitas di Turki.

Tak banyak yang tahu, bahwa Turki memiliki berbagai jurusan favorit yang tidak awam ada di dunia. Berbagai jurusan ini diipilih karena memang memiliki kelebihan dan spesialisasi tersendiri dalam khazanah keilmuan. Sebut saja jurusan sangat khusus seperti “Minimalisasi Gempa Bumi” dan “Teori dan Kritik Seni” atau jurusan non konvensional seperti “Industri Ayam” dan “Industri Lebah” juga ada di Turki.

Jurusan-jurusan tidak biasa dipilih di kota yang memang memiliki atmosfir yang sama dengan keilmuan ini. Universitas Sabanci di Istanbul misalnya, terkenal dengan sejarahnya hingga memiliki jurusan Teori dan Kritik Seni. Sedangkan untuk jurusan Industri Lebah bisa didapat di Universitas Adnan Menderes Aydin, dimana kota letak universitas ini dikenal dengan pusat industri lebah. Inilah mengapa kuliah di Turki menjadi favorit bagi mahasiswa Indonesia.

Jika ingin mengetahui info lengkap bisa menghubungi ECC, bahkan Anda bisa dibimbing, didaftarkan dan diantarkan hingga benar-benar bisa kuliah di Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *