5 Rahasia Kuliah Teknik di Turki – edit

kuliah teknik di Turki

Kuliah Teknik di Turki – Tak bisa dimungkiri, jurusan teknik merupakan salah satu jurusan favorit yang banyak di gandrungi oleh pelajar Turki maupun pelajar Indonesia yang kuliah di Turki. Selain karena memiliki kesempatan kerja yang luas, jurusan teknik juga disinyalir sebagai jurusan yang tak lekang oleh zaman.

Perkembangan teknologi akan selalu ada dan maju dari waktu ke waktu. Hal ini disadari oleh pelajar-pelajar yang memiliki ketertarikan di bidang sains dan memilih teknik sebagai jurusan lanjutan. Nah, informasi mengenai kuliah teknik di Turki akan kamu dapatkan dengan membaca artikel ini hingga selesai. Yuk.. cekidot!

1. Persiapkan Nilaimu sebelum Kuliah Teknik di Turki

Ini merupakan faktor penting bagi siapa saja yang ingin mengambil jurusan teknik di Turki. Tak terkecuali kampus negeri, kampus swasta pun memiliki standar nilai yang cukup tinggi untuk  jurusan tekniknya.

Minimal standar SAT Score (Scholastic Assesment Test) adalah 1100 dari 1600 atau menggunakan nilai UAN dengan minimal rata-rata nilai 9,0 dari 10. Selain itu, persiapkan juga nilai TOEFL dengan minimum score 650 atau IELTS 6.0.

Namun, jika kalian tidak memiliki nilai TOEFL maupun IELTS, beberapa kampus memiliki Englis Proficiency Exam sendiri dengan minimal score 60 dari 100. Nah, jika tidak lulus juga, jangan khawatir, setidaknya beberapa kampus juga menawarkan kelas bahasa Inggris selama setahun.

2. Persaingan Masuk Antar Pelajar Asing Cukup Ketat.

Bagi kampus-kampus yang memiliki passing grade menengah untuk jurusan teknik, biasanya mereka tidak mematok jumlah pelajar asing. Namun, bila kamu mendaftar untuk kampus-kampus dengan high qualification, biasanya mereka hanya membuka peluang sekitar satu hingga empat orang saja untuk tiap negara bagi satu jurusan mereka. Wah, persaingan yang cukup ketat ya.

Jangan sedih dulu, sekalipun kuota yang diberikan cukup sedikit, bila memang prestasi kamu banyak dan layak, tak akan sulit untuk menembus kuliah teknik di Turki. Jadi, tetap semangat mencoba ya..

3. Kuliah Teknik di Turki Hampir Tak Ada Tugas yang Membebani.

Kalau di Indonesia, jurusan teknik terkenal dengan tugas yang bejibun sehingga mahasiswa harus tidur hingga larut malam untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, hal ini hampir tidak dialami oleh mahasiswa teknik di Turki. Rata-rata dari mereka akan menyelesaikan tugas di kampus karena tidak begitu banyak dan mereka akan mengisi waktu luang dengan banyak berdiskusi.

Apakah jarang adanya tugas membuat kuliah teknik di Turki menjadi kurang berkualitas? Tidak, sama sekali tidak. Bahkan kamu berhak mendapatkan jam dengan mata kuliah tambahan bila penjelasan dosen dirasa kurang dapat difahami.

Selain itu, kamu dapat kapanpun melakukan appointment dengan para dosen maupun asisten dosen untuk lebih memahami detail pelajaran. Tentu mereka dengan senang hati akan membantu.

Salah satu kampus di Turki

4. Ujian Mid dan Final Semester yang Cukup Menantang.

Bila kamu sudah senang mendapati berita bahwa akan sangat jarang tugas yang akan kamu bawa pulang di jurusan teknik. Maka, mungkin informasi yang satu ini akan sedikit mengagetkan kamu. Yap! Ujian mid dan final semester untuk jurusan teknik di hampir semua kampus teknik di Turki cukup menantang.

Soal-soal yang diberikan akan menguji pemahaman kamu selama belajar. Selain itu, ada banyak juga praktikum yang harus dilakukan. Persiapkan dirimu dengan sangat baik sebelum diadakannya ujian. Salah satunya adalah dengan benar-benar memahami penjelasan dosen setiap harinya. Hal ini akan memudahkan untuk belajar kembali sebelum adanya ujian.

5. Ruang Kelas yang Ramah Teknologi

Jurusan teknik di Turki tentu identik dengan semua hal yang berbau teknologi dan kemajuan zaman. Selain tentunya mata kuliah yang kesemuanya adalah seputar kecanggihan teknologi, suasana pembelajaran pun berada di ruang kelas yang ramah teknologi.

Standar fasilitas yang dimiliki oleh jurusan teknik di berbagai kampus di Turki adalah komputer, OHP dan audio visual. Selain itu, tentu terdapat laboratorium untuk jenis-jenis jurusan teknik, seperti laboratorium kimia untuk teknik kimia dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mengambil jurusan teknik di Turki? Semangat karena pengalaman kuliah di luar negeri hanya akan didapat oleh dia yang terus berusaha dan pantang menyerah dalam tekadnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *