5 Sistem Perkuliahan di Turki

Sistem Perkuliahan di Turki – Pendidikan tinggi tentu bukan hal yang sifatnya hanya bermain-main belaka. Tentu dalam menetukan kemana kelak kamu melangkah, informasi sebanyak-banyaknya perlu untuk kamu dapatkan.

biaya kuliah di Turki
Mahasiswa kuliah di Turki

Bila kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, maka ada banyak sekali blog, website hingga kanal youtube yang memberikan informasi tentang kampus atau fakultas tujuan kamu.

Tak terkecuali dengan Turki, negara yang sudah mulai berkembang pesat terutama dalam hal pendidikannya ini memiliki banyak fakta menarik tentang sistem perkuliahannya. Bagaimana sih sistem perkuliahan di Turki? Berikut informasinya untuk kamu.

1. Bahasa Pengantar adalah Bahasa Turki.

Kebanyakan dari universitas-universitas di Turki memilih bahasa Turki sebagai bahasa pengantarnya. Sedikit sekali dan biasanya kampus-kampus yang masuk ke rank world saja yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat Turki memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lemah, jadi semakin cepat kamu menguasai bahasa Turki, maka kamu akan dapat memahami penjelasan dosen dengan baik. Inilah sistem perkuliahan di Turki yang pertama.

2. Tidak ada Tugas dan Skripsi

Mungkin kabar ini adalah kabar gembira bagi sebagian kamu, perkuliahan di Turki hampir meniadakan tugas, baik itu tugas harian maupun tugas di akhir semester, hal ini berlaku di hampir seluruh kampus. Eits, tapi jangan senang dulu, ada beberapa kampus dengan beberapa jurusan yang mewajibkan tugas akhir, hanya jumlahnya tidak banyak ya.

Sekalipun hampir tanpa tugas, tidak berarti pelajar di Turki boleh bermalas-malasan ya. Ujian mid dan final semester akan sama susahnya dengan ujian dimanapun juga. Banyak sekali para pelajar yang mengejar nilai memuaskan sehingga porsi belajarnya pun menjadi gila-gilaan sebelum ujian.

Ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan memahami pelajaran saat dosen menerangkan sehingga akan cukup siap dengan persiapan ujian mid dan final kamu nantinya.

3. Pengajar Profesional yang Sangat Dekat dengan Pelajar.

Hal unik dari sistem perkuliahan Turki adalah busana santai yang mereka kenakan. Tak jarang kamu akan melihat pelajar hingga dosen memakai pakaian santai seperti kaos dan jeans saja, atau kemeja dengan kancing terbuka. Pembelajaran di Turki memang sebegitu santainya. Sistem kuliah di Turki yang demikian sangat disukai.

Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi profesionalitas para pengajarnya. Hal ini dibuktikan dengan dosen yang senang bila kamu meminta mata kuliah tambahan. Mereka juga tidak sulit untuk dihubungi dan janjian bertemu untuk membahas tema yang belum kamu mengerti di mata kuliah mereka.

Selain itu, mereka juga akan sangat dekat denganmu sehingga banyak diantara para dosen yang kurang suka dengan sebutan “Anda” dan menyuruh pelajarnya untuk memanggil “kamu” padanya.

Mengapa kuliah di Turki

4. Sistem Perkuliahan di Turki Say No to Junior – Senior.

Kalau di Indonesia, mahasiswa baru akan mengalami masa ospek yang cukup panjang, hal ini berbeda dengan berkuliah di Turki. Tanpa ospek atau sambutan masuk yang bertele-tele, mahasiswa baru hanya akan diberikan video tentang overview kampus kemudian langsung mulai pembelajaran.

Kata junior dan senior pun tidak berlaku pada kampus-kampus di Turki. Kakak kelas kamu juga tidak akan pernah membully kamu disebabkan kamu juniornya. Semua pelajar dianggap setara, memiliki hak dan kewajiban yang sama. Mereka akan lebih suka bila suasana perkuliahan kondusif dengan banyak diskusi atau menyelesaikan hal-hal seperti praktikum secara bersamaan.

5. Musim Liburan yang Sangat Panjang

Tak banyak hari libur di negara asal bunga tulip ini. Namun, sekalinya libur, akan sangat panjang sekali. Libur musim dingin datang saat bulan Januari selama satu bulan lamanya. Sedangkan untuk liburan musim panas, datang dari bulan Juni atau Juli hingga bulan September, terhitung kurang lebih tiga bulan lamanya.

Wah, cukup lama sekali ya… Biasanya, para pelajar asing akan kembali ke negaranya masing-masing untuk menghabiskan liburan bersama keluarga selama tiga bulan. Lumayan lama dan dijamin akan memuaskan kerinduanmu terhadap tanah air ya.

Nah, itu dia lima poin tentang sistem perkuliahan di Turki yang akan membuat kamu betah melanjutkan pendidikan tinggi disana. Jadi, bagi kamu yang telah berniat untuk pergi belajar ke Turki, jangan lupa cari informasi sebanyak-banyaknya, cari kampus yang kredibel dan berdoalah. Semoga segala citamu dapat terwujud!

Inilah sistem kuliah di Turki yang membuat banyak orang ingin segera mengikuti kuliah di negera yang dipimpin oleh Erdogan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *