6 Cara Kuliah Agama di Turki

Cara Kuliah Agama di Turki – Selama 600 tahun lamanya, Islam pernah sangat berjaya di negara Turki. Tak hanya  memberikan pengaruh kepada masyarakatnya, bahkan Islam di Turki memberikan pengaruh hingga ke sebagian besar Eropa.

Salah satu buktinya adalah roti croissant yang berbentuk bulan sabit. Croissant menggambarkan kebesaran Islam dengan simbol bulan sabit dari Turki. Pasukan Turki kerap kali membawa roti ini berkeliling Eropa dan mendakwahkan Islam disana.

Seiring dengan bergulirnya waktu, kejayaan Islam mulai runtuh di Turki dan kini, Turki kembali menggeliat. Kebesaran Islam tampak dari maraknya pelajar yang belajar agama di negeri seribu sejarah ini. Turki menjadi tujuan kuliah di luar negeri untuk mahasiswa Indonesia. Beberapa fakta tentang kuliah agama di Turki, khusus kami ulas bagi kamu yang berminat belajar Ilahiyat (agama Islam) di Turki. Inilah 6 cara kuliah agama di Turki, negeri dengan berjuta keindahan.

foto ilustrasi suasana kuliah di Turki

Alasan dibangunnya fakultas ilahiyat adalah agar bersatu pemikiran modern dan ilmu keislaman pada zaman khalifah utsmani. Namun sayangnya madrasah ilahiyat hanya mampu dibuka beberapa tahun saja. Beberapa tahun kemudian dibuka kembali dan lagi-lagi hanya bertahan 9 tahun saja.

Hingga akhirnya pada tahun 1949, fakultas ilahiyat dibuka secara resmi oleh pemerintah dan mulai dikondisikan dengan baik. Sampai sekarang, jutaan alumnus fakultas ilahiyat dari berbagai universitas di Turki sudah mengabdikan diri dan menyebarkan ilmu mereka di masyarakat. Oleh sebab itu kuliah agama di Turki termasuk yang populer.

  • Fakultas Ilahiyat Strata 1 Tidak Memiliki Jurusan

Program Undergraduate atau S1 pada saat ini tidak memiliki jurusan selain jurusan ilahiyat itu sendiri di fakultas ilahiyat. Namun, seiring berkembangnya waktu dan sistem, kurikulum ini akan berubah.

Hal ini dikarenakan, Direktorat Jenderal Agama Islam memiliki proyek besar untuk membangun International Islamic University of Turki.

Pada jurusan ilahiyat, kamu akan mempelajari berbagai bidang studi. Ilmu tafsir, ilmu hadist, sejarah Islam, psikologi Islam, sejarah Turki Utsmani, kalam, tarbiyah dan lain sebagainya adalah sebagian ilmu yang dikaji pada fakultas ini.

  • Penjurusan Fakultas Ilahiyat Hanya Ada di Program Graduated

Kalau pada perkuliahan S1, kamu akan belajar berbagai lini keilmuan tentang agama. Hal yang berbeda akan kamu pelajari saat mengambil program graduated atau S2/S3 pada fakultas ilahiyat. Secara umum program graduated memiliki tiga jurusan :

  1. Islam Tarihi Ve Sanatlari (Sejarah dan Sastra Islam) : Sejarah Sastra Turki Islam, Sastra Turki Islam dan Sejarah Islam.
  2. Islam Temel Bilimleri (Ilmu Dasar Islam) : Sastra Arab, Hukum Islam, Tafsir, Hadist dan Kalam
  3. Felsefe Ve Din Bilimleri (Filsafat dan Ilmu Agama) : Sosiologi Islam, Filsafat Islam, Sejarah agama-agama dan Tarbiyah.

Selain tiga jurusan ini, juga terdapat banyak jurusan lain yang berbeda di tiap universitas, jadi silahkan cek di website universitas pilihanmu ya.

kuliah agama di Turki

  • Bahasa Pengantar di Fakultas Ilahiyat.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama ya, masyarakat Turki terbiasa dengan bahasa negeri mereka. Penguasaan bahasa Inggris mereka cenderung lemah. Maka dari itu, pemerintah Turki mewajibkan TOMER atau kelas bahasa Turki selama setahun untuk pelajar asing.

Bahkan jika kamu terlalu sering gagal pada ujian TOMER, pemerintah Turki tak segan untuk memotong uang bulanan bagi yang mendapatkan beasiswa. Lalu, apa bahasa pengantar untuk fakultas ilahiyat. Jawabannya tentu 90% Turkish.

Memang benar, ada beberapa universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya, mungkin hanya sekitar 3-5 kampus saja dari ratusan universitas yang ada di Turki.

  • Kampus Terbaik Untuk Fakultas Ilahiyat

Ini dia nih, poin yang sudah ditunggu. Cara kuliah agama di Turki. Applynya harus kemana sih? Fakultas Ilhaiyat yang bagus di kampus apa sih? Serta berbagai pertanyaan sejenisnya. Ada beberapa kampus yang memang sudah dinilai sangat baik dalam pendidikan dan pengelolaan fakultas ilahiyat.

Para pengajar di kampus-kampus ini juga terkenal dengan luasnya kelimuan mereka. Sementara itu, alumninya sudah menjadi akademisi-akademisi dan cendikiawan-cendikiawan Muslim.

Menduduki peringkat nomor satu, fakultas ilahiyat paling berkualitas ada di Marmara University dengan kabar baik, 100% bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris.

Kedua adalah Istanbul University yang merupakan kampus pertama zaman Turki Utsmaniyah dan Turki Modern. Selanjutnya ada beberapa kampus seperti Ankara University, Erciyes University, Ataturk University, 29 Mayiz University, Sakarya University dan Yalova University.

  • Melalui ECC Indonesia

Jika kebingungan bisa melalui jasa ECC Indonesia yang sudah berpengalaman membantu pendidikan mahasiswa ke Turki. Dari pengurusan berkas, hingga pendampingan, bahkan pencarian asrama, semua akan diuruskan. Biayanya pun akan diberitahukan secara transparan. Apalagi biaya kuliah di Turki cukup murah. Anda pasti kerasan hidup di Negara Tulip ini.

Nah, semoga informasi tentang cara kuliah agama di Turki di atas berguna ya untuk kamu yang ingin melanjutkan studi ilahiyat di Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *