6 Cara Kuliah Kedokteran di Turki

kuliah kedokteran di TurkiKuliah Kedokteran di Turki

Kuliah Kedokteran di Turki – Fakultas kesehatan adalah fakultas paling favorit yang dipilih oleh para pelajar dari dulu hingga sekarang. Selain karena prospek pekerjaan yang menjanjikan, kedokteran dianggap sebagai fakultas sosial yang lulusannya dapat membantu banyak orang. Tak heran, banyak orang yang berlomba untuk masuk dunia kedokteran dengan segala usahanya.

Tak berbeda jauh dengan negara lain, Turki juga menawarkan kampus-kampus yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di negerinya. Kedokteran Turki tergolong maju daripada negara-negara di sekitarnya. Selain itu, untuk dapat masuk kuliah kedokteran di Turki, kamu hanya perlu menggunakan nilai SAT! Wah, apa itu? Baca artikelnya baik-baik ya..

  • Siapkan Nilai SAT/YOS dengan Baik.

SAT aadalah kepanjangan dari Scholastic Aptitude Test yang merupakan standar ujian masuk buatan College Board. Tes ini diadakan enam kali dalam setahun dan merupakan acuan bagi berbagai universitas untuk menerima mahasiswanya.

Lebih dari dua juta mahasiswa mengikuti tes ini setiap tahunnya dan nilai SAT yang diterima untuk mengambil jurusan kedokteran di Turki adalah 1200.

Lalu, apa itu YOS? YOS adalah ujian masuk bagi pelajar asing yang ingin kuliah di Turki. Ujian ini sifatnya tertulis dan setiap universitas memiliki jadwal YOS yang berbeda-beda. Untuk mengetahui kapan ujian YOS diadakan di kampus impian kamu, maka kamu harus terus mengecek website kampus tersebut.

Nilai YOS yang dibutuhkan untuk dapat masuk ke fakultas kedokteran di rata-rata universitas di Turki adalah 60.  Ini adalah cara kuliah kedokteran di Turki yang pertama.

  • Kuliah Kedokteran di Turki Enam Tahun

Berbeda dengan Indonesia yang mewisuda sarjana kedokterannya sebagai S.Ked dan harus melalui beberapa tahapan untuk nantinya menjadi dokter, lulusan kedokteran Turki langsung mendapat lisensi dokter setelah menempuh enam tahun pendidikan.

Selama enam tahun, kuliah kedokteran di Turki terbagi menjadi tiga, tiga tahun pertama untuk pre klinik, dua tahun selanjutnya untuk post klinik dan satu tahun terakhir untuk internship.

Artinya meskipun kuliah kedokteran di Turki tergolong lama, namun semua itu karena kelengkapan jenjang hingga praktik setelah masa kuliah. Bisa periksa di Istanbul University melalui link ini, atau link ini. 

  • Ambil Spesialis atau Langsung Kerja?

Jika kamu ingin langsung mengambil spesialis setelah menempuh pendidikan strata 1, maka hal ini sangat mungkin dilakukan. Terdapat ujian baru yang harus kamu tempuh bernama TUS (Tip Uzmanik Sinavi), jika nilai kamu mumpuni dan sesuai yang disyaratkan kampus, maka kamu berhak langsung mengambil spesialisasi yang kamu mau. Tentu ini menjadi kelebihan kuliah kedokteran di Turki

Namun, jika kamu tidak ingin langsung mengambil spesialis usai s1, maka kamu akan mengikuti Zorunlu Hizmet alias tugas wajib, mau tidak mau. Tugas wajib ini hampir sama dengan bekerja, pemerintah Turki akan menentukan berapa lama kamu mengikuti tugas dan mengirim kamu ke daerah-daerah terpencil di Turki.

  • Sistem Kuliah Kedokteran di Turki

Semua jadwal mahasiswa kedokteran sudah diatur oleh koordinator tiap tingkat. Kamu diharuskan memilih dua pelajaran pilihan dan pelajaran terintegrasi tiap tahunnya. Apa yang dimaksud dengan pelajaran terintegrasi? Contohnya adalah  anatomi, biofisika, biokimia, fisiologi, farmakologi dan lain sebagainya.

Tidak ada tugas selama kamu kuliah, yang ada hanya kelas dan ujian saja. Sistem pelajaran kedokterannya sendiri terbagi persistem bernama committe. Misal, committe kardioveskular, dsb. Tingkat satu dan dua terdiri dari lima committe, sedangkan tingkat tiga terdiri dari lima committe.

Saat kamu berada di tingkat empat dan lima, kamu akan berkeliling klinik prestase. Sedangkan pada tahun keenam, kamu tetap keliling klinik sembari menunggu wisuda, bedanya dengan tingkat sebelumnya, kamu tidak akan mendapat tugas dan kelas lagi di tingkat keenam ini.

Daftar Istanbul University
  • Program di Luar Kelas Kedokteran di Turki

Umumnya terdapat tiga program yang akan kamu ikuti selama belajar kedokteran di Turki. Pertama adalah Hekimlik Uygulama (HEK) yang berbentuk praktikum di tiap committenya.

Misalnya adalah praktek mendengarkan detak jantung, praktek nasogastrik inkubasi, dsb. Kedua adalah Topluma Dayali Tip (TDT), program ini akan memperkaya pengetahuanmu tentang sistem pelayanan kesehatan di Turki.

Kamu akan mengobverse puskesmas atau rumah sakit dan memberikan penilaian terhadap pelayanan disana. Ketiga adalah Kanita Dayali Tip atau (KDT) yang berbentuk penelitian. Kamu akan membuat poster dan paper serta menyesuaikan dengan data yang ada. Poster dan paper yang dibuat pada setiap tingkat akan berbeda-beda.

  • Biaya Sekolah Kedokteran di Turki Murah

Jika kamu belajar ke Turki tanpa melalui beasiswa, maka biaya yang akan kamu kseluarkan hanya tuition fees alias SPP saja setiap semesternya. Besarannya mulai dri 850 tl atau setara dengan 1,9 juta dalam rupiah. Tidak ada uang gedung, uang daftar ulang dan uang-uang iuran lainnya yang akan dibayarkan di awal atau tengah semester.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, biaya ini tergolong cukup murah. Artinya Anda bisa menghemat banyak biaya untuk karir masa depan yang cemerlang.

Inilah beberapa tips dan cara kuliah kedokteran di Turki. Jika ingin lebih mudah bisa menghubungi agen pendidikan untuk Turki, yaitu ECC. Semua akan diuruskan dan dipermudah. Info lengkap bisa menghubungi, +62813 3174 2497.

Layanan kuliah di Turki lengkap bisa diklik di link ini!

One Reply to “6 Cara Kuliah Kedokteran di Turki”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *