6 Fakta Asrama Mahasiswa di Turki

Asrama Mahasiswa di Turki – Bagi kamu yang akan melanjutkan studi di Turki dan memerlukan informasi seputar tempat tinggal, asrama mahasiswa, artikel ini akan sangat membantu kamu.

Terdapat beberapa pilihan tempat tinggal ketika kuliah di Turki, diantaranya sewa rumah, apartemen atau asrama. Namun, pada artikel kali ini, kami akan mengulas khusus tentang asrama mahasiswa di Turki yang berada sangat banyak di berbagai kota.

Asrama umumnya dibagi menjadi dua, asrama pemerintah dan asrama swasta. Besaran biaya bila menyewa kamar di kedua asrama ini adalah 380 tl atau setara dengan 800 ribu rupiah perbulannya. Bagi penerima beasiswa YTB, asrama ini gratis ditinggali. Lalu, apa saja sih yang menjadi fasilitas yang umumnya ada di asrama-asrama ini? Berikut ulasannya.

asrama mahasiswa di Turki

Rata-rata kamar tidur di asrama Turki berisi 3 hingga 6 orang. Luas kamarnya juga tidak terlalu sempit karena sudah diatur dengan baik. Tersedia kamar mandi dengan toilet terpisah, meja belajar dengan rak dan kursinya untuk masing-masing pelajar.

Lemari dan tempat koper juga tersedia dan terpisah. Setiap kamar difasilitasi dengan satu kulkas dan meja-meja kecil disamping tempat tidur. Bed yang disediakan juga cukup baik, ada yang model bertumpuk ada juga yang single bed, semua tergantung pada kebijakan asrama masing-masing.

  • Ruang Belajar Tiap Blok Asrama

Asrama-asrama di Turki memiliki beberapa blok. Setiap bloknya memiliki ruang belajar yang dapat digunakan oleh para pelajar. Bahkan untuk jurusan arsitektur, ruang belajar di desain dengan meja khusus. Ruang belajar ini sangat bermanfaat untuk belajar kelompok.

Suasananya juga dingin karena full AC dan penghangat, sehingga apapun cuacanya tetap nyaman belajar di ruang belajar asrama. Banyak dari para pelajar yang menghabiskan waktu di ruang belajar setiap harinya, jadi tidak hanya saat ujian ya.

  • Ruang Laundry dan Setrika.

Tak perlu bingung saat memiliki baju kotor dan tak perlu repot menguceknya di kamar mandi. Ruang laundry tersedia untuk para pelajar. Selain bersih karena menggunakan mesin cuci yang baik, biasanya di ruang laundry juga terdapat asisten yang siap membantu kamu.

Namun, sabun dan pewangi harap membawa sendiri karena asrama tidak menyediakannya. Begitupun dengan ruang setrika, disana terdapat cukup banyak meja setrika namun para pelajar diharuskan membawa setrika sendiri. Beginilah suasana asrama mahasiswa di Turki.

  • Kantin dengan Banyak Makanan

Mungkin hal ini yang menjadi pertanyaan para calon penghuni asrama. Bagaimana dengan makannya? Masyarakat Turki tidak terbiasa dengan makan di waktu pagi sehingga biasanya mereka sarapan di siang hari.

Asrama mahasiswa di Turki menyediakan 2x makan, untuk sarapan dan makan malam. Menu yang disediakan sangat beragam, mulai dari roti, kentang, ikan, sosis, daging dan lain sebagainya. Terdapat juga aneka buah dan puding.

Harga makanan di kantin juga tidak terlampau mahal. Bahkan, bagi penerima beasiswa, mereka dapat makan gratis 2x sehari dengan batasan harga. Sarapan pagi dipatok dengan harga 4 tl atau setara 13.000, sedangkan makan malam seharga 18 tl atau 29.000. Cukup terjangkau kan? Turki memang dikenal dengan biayanya yang cukup murah. 

Bila penerima beasiswa mengambil lebih daripada harga yang tertera, maka diharuskan untuk membayarnya dengan uang pribadi. Enak kan?

  • Keamanan Terjaga dengan Finger Print.

Tak perlu takut akan terjadi hal hal yang tidak diiinginkan selama berada di asrama. Gerbang hingga pintu masuk tiap blok dijaga oleh security. Setiap pelajar yang akan masuk harus melakukan finger print dulu. Jadi, bagi siapa saja yang tidak memiliki data di komputer asrama tidak akan bisa masuk. Keamanan asrama mahasiswa di Turki memang sangat tinggi.

Lalu, bagaimana bila ada tamu? Melalui sistem keamanan yang begitu ketat, maka tamupun tidak diperbolehkan untuk masuk. Jadi, bila kamu ingin bertemu dengan temanmu, kamu hanya dapat menemuinya di depan gerbang masuk.

  • Sofa Empuk Dimana-mana

Entah kenapa di banyak asrama Turki selalu tersedia banyak sofa untuk duduk dan mengobrol. Bahkan sofa-sofa di Turki hampir sama rasanya dengan kasur yang ada di kamar tidur. Selain itu, terdapat juga ruang untuk mengobrol dan bersantai yang keseluruhnya terdiri dari sofa-sofa empuk. Nyaman sekali bukan?

  • Dicarikan ECC

Bagi Anda yang ingin kuliah di Turki melalui ECC, asrama mahasiswa akan dicarikan dengan kriteria, ternyaman, dekat, dan tidak begitu mahal. Bahkan ada mahasiswa yang ECC antarkan kuliah di Turki, justru lebih nyaman di Turki daripada berlama-lama di Indonesia.

Nah, inilah enam fasilitas yang ada di asrama-asrama Turki. Menyenangkan dan nyaman sekali kan? Tidak hanya fasilitas-fasilitas ini saja yang akan kamu dapat namun pemandangan indah juga siap memanjakan mata kamu di depan jendela kamar ya.

Karena Turki kini menjadi pilihan utama kuliah di luar negeri. 

2 Replies to “6 Fakta Asrama Mahasiswa di Turki”

  1. Assalamu’alaikum admin.
    Perkenalkan nama saya firda yuliana Asal kepulauan Riau, Batam.
    Saya lulus di universitas Fatih sultan mehmet , Istanbul.
    Namun, saya masih bingung untuk mencari tempat tinggal selama saya studi nanti.
    Saya telah membaca blog ini dan sangat terinspirasi , karena saya telah lulus di Fatih sultan mehmet, apakah bisa saya meminta bantuan kepada admin kuliah diturki untuk mencarikan saya tempat tinggal .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *