6 Fakta Keamanan Kuliah di Turki

Bilkent University Ankara TurkiKeamanan Kuliah di Turki

Kuliah di luar negeri memang tidak bisa hanya mengandalkan kualitas kampus atau jurusannya saja. Ada banyak faktor yang musti kamu perhatikan bila memilih kuliah di luar negeri.

Salah satunya tentu faktor keamanan, apakah negara yang dituju benar-benar aman dari konflik dan aman secara finansial. Hal ini menjadi penting sebab keberlangsungan kuliahmu juga ditentukan oleh keamanan negara tersebut.

Salah satu negara “kekinian”  yang menjadi destinasi pilihan kuliah para pelajar adalah Turki. Yap, negara multikultural dengan batas Asia dan Eropa ini menarik untuk ditelaah lebih. Hal ini karena sistem pendidikan Turki yang sama dengan negara-negara di Eropa namun tak meninggalkan budayanya sebagai bagian dari Asia.

Pertanyaannya? Amankah berkuliah disana? Apakah negaranya pernah terlibat konflik? Bagaimana dengan pemimpin dan pemerintahannya? Nah.. untuk menjawab semua kegelisahan seputar keamanan di Turki. Berikut akan kami ulas informasi-informasi penting seputar keamanan negara Turki agar kamu tak penasaran lagi. Keamanan kuliah di Turki.

  • Turki Minim Konflik

Negara Turki dikenal sebagai negara yang minim konflik. Hal ini terlihat dari setiap konstelasi politik atau militer yang jarang berujung pertumpahan darah. Bahkan ketika ada usaha kudeta kepada Erdogan, masyarakat Turki justru turun tangan.

Hal ini karena masyarakat Turki terdiri satu suku. Maka mereka memiliki pemahaman yang dekat, dan minim perselisihan. Berbeda dengan Indonesia yang terdiri dari banyak suku dan bahasa. Oleh sebab itu keamanan kuliah di Turki cukup baik.

  • Empat Angkatan Bersenjata Hebat

Layaknya negara berkemajuan tinggi lainnya, Turki tak mau ketinggalan dengan kehebatan armadanya. Negara tempat asal bunga tulip ini memiliki empat angkatan bersenjata. Angkatan udara, angkatan laut, angkatan darat dan penjaga pantai. Sehingga pantai sebagai perbatasan antar negara terjaga dengan baik.

Panglima tertinggi untuk semua angkatan ini adalah presiden Turki sendiri. Tahun ini pimpinan tertinggi dipegang oleh presiden Recep Tayyip Erdogan. Sementara itu, delegasi dibawah pimpinan adalah Kementerian Pertahanan Nasional dibawah pimpinan Menteri Fikri Isik dan Kepala Staf Umum, Jenderal Hulusi Akar.

Artinya meskipun beberapa tetangga Turki adalah negara konflik seperti Suriah, tapi angkatan bersenjata Turki menjamin keamanan kuliah di Turki.

fakultas ilahiyat di Turki

  • Wajib Militer

Bagi warga Turki, wajib militer bukanlah istilah asing. Jadi, tak hanya Korea Selatan dan Korea Utara saja ya yang memiliki program ini. Turki juga mewajibkan setiap warga negaraya yang berjenis kelamin laki-laki dan sudah mencapai usia 21 tahun untuk mengikuti militer.

Mereka akan digembleng secara khusus dengan lama pendidikan 6 hingga 12 bulan. Selain pelajaran militer yang didapat, mereka juga mendapatkan banyak sekali latihan fisik dan pelajaran bertahan hidup.

Tentu hal ini tidak mudah ya, mengingat tidak semua orang memiliki latar belakang yang sama sehingga mampu melakukan hal-hal seputar kemiliteran.

Fungsi dari wajib militer sendiri adalah agar tiap-tiap pria dan kepala keluarga mampu melindungi diri mereka dan keluarga dari bahaya perang. Selain itu, diharapkan para pria Turki juga memiliki ketahanan fisik yang baik. Artinya setiap warga Turki menjadi penjaga. Inilah yang membuat keamanan kuliah di Turki terjamin.

  • Persenjataan Tempur Kuat

Bila menilik berita keamanan dunia akhir-akhir ini, maka ada satu berita menarik tentang persenjataan Turki yang mampu mengalahkan senjata milik salah satu negara maju di Eropa. Bukan lantas dengan memiliki senjata yang hebat, Turki gemar berperang dengan negara lain.

Namun, senjata-senjata seperti laras panjang, tank, bomb hingga rudal digunakan untuk melindungi negara dari ancamayn berbagai pihak jahat yang ingin merusak kesejahteraan negara.

Senjata-senjata ini tak hanya digunakan oleh armada Turki saja, persenjataan ini juga dijual pada negara lain yang membutuhkan. Tujuannya bukan untuk menyebarluaskan kebencian dan perang melainkan sebagai perekat hubungan baik antara Turki dan negara-negara sahabat.

Mengapa Turki menjadi negara maju

  • Sistem Keamanan Tempat Tinggal dengan Sandi

Bagi kamu yang memilih tinggal di asrama, baik itu milik pemerintah maupun swasta, kamu akan merasa nyaman dengan keamanannya. Biasanya tiap gerbang memiliki penjaga dan setiap blok dalam gedung juga memiliki penjaga. Tamu juga tidak diizinkan untuk masuk kedalam asrama. Hal ini diantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi para penghuni asrama, mereka memiliki sandi khusus untuk absensi, juga sebagai syarat keluar masuk asrama. Sandinya bisa berpola macam-macam, ada yang menggunakan sidik jari, wajah atau kode unik. Keamanan asramapun terjamin dan hampir bisa dipastikan jarang terjadi hal-hal buruk selama di asrama.

  • Kedutaan Negara Yang Kooperatif

Kuliah di luar negeri yang jauh dari sanak saudara membuat kita akan lebih mencintai negeri kita. Tak heran, bila kita bertemu dengan sesama orang Indonesia, maka kita akan merasa menjadi seperti satu saudara walaupun belum pernah bertemu sebelumnya.

Hal ini merupakan hal yang menjadi bagian dari misi kedutaan setiap perwakilan negara di Turki, bahwa siapapun yang sebangsa dan setanah air adalah merupakan saudara.

Bila kamu memiliki permasalahan seputar keamanan, maka pihak KBRI siap membantu 24 jam. Tak hanya itu, mereka bahkan menyediakan akomodasi dan transportasi untuk kembali ke Indonesia, bila ternyata Turki mengalami konflik negara. Wah, jadi lebih merasa tenang kuliah di luar negeri yang jauh dari sanak saudara ya..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *