9 Alasan Mengapa Turki Menjadi Negara Maju

Mengapa Turki menjadi negara majuMengapa Turki menjadi negara maju merupakan pertanyaan yang terus mengemuka hingga sekarang. Terutama karena nama Turki saat ini memang sedang melambung tinggi dalam beberapa aspek, baik pariwisata, agama, ekonomi, hingga pendidikan pun menjadi puja puji di sana sini.

Oleh sebab itu perkembangan yang pesat tersebut mengundang decak kagum. Maka redaksi kuliahdiTurki.net ingin mengulas beberapa alasan mengapa Turki menjadi negara maju seperti sekarang.

Turki merupakan salah satu negara dengan posisi paling strategis di dunia. Bisa dilihat di peta bagaimana Turki menjadi penghubung dua benua besar, yaitu Eropa dan Asia. Tapi lebih jauh dari itu, posisi Turki berada di tengah-tengah peta dunia. Artinya Turki adalah tempat yang dilewati banyak lalu lintas negara.

Bahkan betapa istimewanya posisi Turki sehingga kekaisaran Roma yang begitu besar rela berpindah pusat pemerintahannya ke Konstantin, atau biasa dikenal dengan konstantinopel. Pemerintahan Islam pun sangat terobsesi dengan kota tersebut hingga ditaklukkan dengan kisah yang heroik dari sultan Al Fatih. 

Rinciannya adalah sektar 30% di Eropa, sedangkan 70% berada di daratan Asia. Sehingga perpaduan dua budaya inilah yang membuat Turki tumbuh dengan peradaban istimewa. Sopan santun bergaya asia, pola pendidikan dan hidup bergaya Eropa. 

Sepakbola Turki justru masuk di liga Champion Eropa. Begitu juga perkumpulan-perkumpulan lainnya, Turki unik. 

  • Erdogan Menjadi Pembeda

Bisa dikatakan mengapa Turki menjadi negara maju seperti sekarang tidaklah lepas dari sosok pemimpin Erdogan. Dialah pembeda dari semua cerita Turki saat ini. Meskipun dengan segala kekurangannya, nyatanya Erdogan memang membawa banyak perubahan, baik dari sisi Ekonomi, Budaya, Pendidikan.

Erdogan merupakan politikus yang dicintai sebagian masyarakat. Hal ini terbukti dari pemilihan presiden yang dilakukan secara langsung oleh masyarakat pada tahun 2014. Erdogan terpilih. 

Recep Tayyip Erdogan

Salah satu yang membuat Erdogan terpilih adalah keberhasilannya membangun kota Istanbul, di mana ketika itu ia menjabat sebagai wali kota sejak 1994. Kebijakannya seperti penyediaan air bersih, tata kota yang hijau, dan administrasi yang efektif membuatnya dikenal secara luas oleh masyarakat Turki. 

Terlebih Erdogan merupakan orator yang berkobar-kobar memekikkan semangat di podium. Hal ini tentu membuat semua orang semakin cinta dengan pemimpinnya.  

  • Semangat Islam Ditumbuhkan

Dari satu pemimpin Erdogan inilah warna Turki kemudian berubah. Dari yang awalnya sangat sekuler karena memandang Islam sebagai penghambat kemajuan, justru dikembalikan perlahan-lahan oleh Erdogan melalui partai AKP yang memang berhaluan Islam.

Jika Anda pergi ke Turki, memang Anda tidak melihat masyarakat Turki sangat Islami seperti di Arab Saudi dan lain sebagainya. Karena budaya Eropa yang ditanam Mustafa Kemal Attaturk masih banyak tersisa.

Namun spirit Islam ditanamkan dan diyakini oleh Erdogan akan membuat Turki memiliki kemajuan. Caranya mengenalkan kembali hidup dengan Al Quran, seperti di Istanbul, meminimalisir prostitusi dan melarang menyuguhkan minuman keras. Nyatanya berhasil.

Oleh sebab itu generasi muda yang ke masjid pun semakin tumbuh berkembang. Sehingga Anda akan menemui banyak mobil terparkir di masjid-masjid di Turki.

Bahkan pengelola masjid di Turki dibiayai oleh negara. Ini menjadi hal yang istimewa. 

  • Pendidikan Menjadi Inti

Inilah sebenarnya inti mengapa Turki menjadi maju. Turki mengedepankan aspek pendidikan. Caranya subsidi besar bagi lembaga pendidikan hingga universitas. Sehingga usia 6-15 tahun bisa menikmati pendidikan gratis. Sedangkan universitas negeri di Turki yang memiliki biaya murah. Lebih murah dari Indonesia.

Maka kuliah di Turki menjadi salah satu favorit destinasi pendidikan dunia. Masyarakat Indonesia yang kuliah sudah lebih dari 1500. Kualitasnya pun sudah banyak yang bagus seperti layaknya di Eropa. 

Marmara University

Ketika pendidikan dikuatkan, maka semua aspek di negeri Tulip ini benar-benar tumbuh dan berkembang menjadi satu entitas yang cerdas. Inilah alasan mengapa Turki menjadi negara maju. 

  • Bangkitnya Kekuatan Ekonomi

Ekonomi Turki bisa dikatakan memang ajaib. Turki adalah negara dengan pertumbuhan rata-rata 6%. Ini merupakan pertumbuhan paling stabil. Bahkan di tahun 2011, tumbuh 8%. Angka ini membuat semua orang terbelalak.

Pada tahun 2019, ekonomi Turki tergoncang, resesi dan kejatuhan nilai mata uang yang berlipat-lipat. Tapi dalam waktu yang tidak terlalu lama, di tahun 2020, ekonomi Turki kemudian bangkit kembali. Sangat istimewa.

Karena faktor inilah Turki menjadi pembeda di peta ekonomi Eropa. Ketika dulunya Prancis dan Jerman menjadi aktor dominan, kini justru Turki menjadi salah satu yang berperan dan menjadikan peta kekuatan berbeda. 

Angka-angka ini menjadikan nama Turki benar-benar melambung pesat. Tidak butuh waktu lama untuk menunggu Turki dikenal dunia. Sehingga hal ini menjadi alasan mengapa Turki menjadi negara maju. 

  • Militer Diperhitungkan

Bangkitnya pendidikan dan ekonomi juga memberikan pengaruh pada militer. Turki saat ini (2019) menduduki peringkat sembilan di dunia versi Global Fire Power. Untuk angkatan udaranya Turki memiliki 429 helikopter dengan 94 darinya adalah helikopter tempur. 

Belum lagi tank perang yang berjumlah 3.200. Belum lagi angkatan laut yang memiliki total 194 aset, dari frigat, corvet, hingga 12 kapal selam. 

Yang lebih istimewa, banyak peralatan diproduksi dari dalam negeri. Pasti sangat menghemat, bahkan bisa menghasilkan pendapatan untuk negara. Sehingga mengapa Turki menjadi maju salah satunya adalah kemandirian dari Turki dalam segala bidang. 

Keindahan Turki

Oleh sebab itu kalau di Timur Tengah, versi Forbes, Turki merupakan salah satu angkatan militer terkuat di wilayah tersebut. Maka jika ada kekacauan di negeri sekitar, biasanya Turki terlibat. Hegemoni Turki menjadi semakin besar. Inilah alasan mengapa Turki menjadi negara maju.

  • Tak Tergantung IMF

Tidak seperti negara berkembang lainnya yang gemar untuk berhutang kepada lembaga pendonor seperti IMF, Turki justru menghilangkan ketergantungan tersebut. Bahkan pada tahun 2013, pemerintahan Erdogan sudah melunasi hutang IMF. Ini merupakan prestasi yang besar.

Ketika pada tahun 2018 Turki dihantam kejatuhan mata uang, dan nilainya hilang sekitar 40% bahkan lebih, Turki justru menolak untuk meminjam dana dari IMF. faktanya, tahun akhir 2019, dan awal 2020 menandakan kebangkitan ekonomi Turki kembali. 

Inilah salah satu alasan mengapa Turki menjadi maju. Sehingga kita lihat Turki benar-benar terus menjadi negara terdepan hingga sekarang. 

Inilah beberapa alasan mengapa Turki menjadi maju. Semoga menjadi manfaat bagi Anda pencari informasi tentang dunia Turki. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *