Berapa Lama Kuliah S1 dan S2 di Turki

Berapa lama kuliah S1 dan S2 di Turki | Tidak sedikit orang yang tertarik melanjutkan studi di Turki, termasuk Anda, bukan? Selain dikenal sebagai negara yang kental dengan sejarah kejayaan Islam, Turki juga memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Berapa Lama Kuliah S1 dan S2 di Turki

Karena itu, kesempatan belajar di Turki sambil menikmati keindahan tempat-tempat wisatanya tidak bisa disia-siakan begitu saja. Namun, daya tarik yang dimiliki negara beribu kota di Ankara tersebut jangan sampai membuat kita melupakan tugas utama sebagai mahasiswa, yaitu belajar dan menyelesaikan studi tepat pada waktunya.

Berapa lamakah kita harus menyelesaikan studi di Turki pada umumnya? Berikut ini akan kita kupas berapa lama kuliah S1 dan S2 di Turki plus S3.

Lama Kuliah S1 di Turki

Sebenarnya, lama belajar di Turki bagi mahasiswa S1 tidak berbeda dengan lama belajar di Indonesia untuk tingkatan yang sama, yaitu 4 tahun. Khusus program studi Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kedokteran Gigi, dan Farmasi memakan waktu lebih lama, yaitu 5–6 tahun.  

fakultas ilahiyat di Turki

Biasanya, mahasiswa yang berasal dari luar negeri atau bukan orang Turki selalu memulai studinya dengan menghabiskan waktu setahun untuk belajar bahasa Turki. Karena, sebagian besar bahasa pengantar perkuliahan menggunakan bahasa Turki, terutama di perguruan tinggi negeri. 

Inilah yang menyebabkan sebagian besar mahasiswa yang berasal dari luar Turki menambah masa studinya setahun untuk belajar bahasa Turki. Sementara itu, mahasiswa lokal yang tidak menemui kesulitan pada bahasa pengantar perkuliahan bisa menyelesaikan S1 dalam jangka waktu 4 tahun. 

Namun, ada juga perguruan tinggi berkualitas yang tidak menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa pengantar perkuliahan. Sehingga, waktu 4 tahun tidaklah mustahil bagi Anda untuk meraih gelar sarjana di Turki selain bidang kedokteran.

Salah satunya adalah Bilken University. Kurikulum di Bilken University sebagian besar diadopsi dari Amerika Serikat. Karena itu, tidak sedikit pengajar di perguruan tinggi yang berlokasi di Ankara ini berasal dari Amerika Serikat atau Inggris, terutama bagi Anda yang mengambil jurusan Hubungan Internasional. 

Anda tidak memerlukan kemampuan bahasa Turki untuk mengikuti semua mata kuliah di Bilken University. Untuk mata kuliah bahasa Turki pun kurikulumnya disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa internasional. 

Nah, Anda tinggal memilih mau menyelesaikan studi lebih cepat dengan memasuki perguruan tinggi yang tidak menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa pengantar perkuliahan, atau menambah setahun untuk belajar bahasa Turki terlebih dahulu demi kemudahan Anda mengikuti pelajaran yang disampaikan dengan bahasa Turki. Inilah lama kuliah S1 di Turki. 

Lama Kuliah S2 di Turki

Berapa lama kuliah S2 di Turki? Untuk jenjang S2, kuliah di Turki bisa diselesaikan dalam jangka waktu 2 tahun saja. Bahkan, ada yang bisa diselesaikan hanya dalam waktu satu setengah tahun. 

Biasanya, kuliah S2 yang ditempuh selama 2 tahun tersebut disempurnakan dengan menulis tesis. Sedangkan kuliah S2 yang tidak mengharuskan penulisan tesis bisa ditempuh lebih singkat atau kurang dari 2 tahun.

Ada juga program magister atau S2 yang cukup ditempuh selama 1 tahun. Terutama bagi Anda yang berminat menjadi analis data yang mumpuni dan bisa diandalkan. Sabanci University menawarkan program master analis data yang akan memaksimalkan keahlian dan kemampuan Anda di bidang programming, manajemen data, model statistika, dan lain sebagainya hanya dalam jangka waktu satu tahun.

Berapa lama kuliah S1 dan S2 di Turki
pixabay.com

Selain itu, program magister jurusan Sistem Teknologi Informasi (Professional Master’s Degree in Information Technology) di Sabanci University juga bisa ditempuh dalam jangka waktu satu tahun, yaitu tiga semester. Wow, itu artinya Anda sudah bergelar master IT dalam waktu yang sangat singkat. Berapa lama kuliah S1 dan S2 di Turki sudah ada gambaran bukan?

Namun demikian, Anda tetap harus menguasai bahasa Turki terlebih dahulu apabila perkuliahan yang Anda ikuti menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa pengantar. Jika belum, tentu saja butuh waktu minimal satu tahun untuk mempelajarinya. 

Selain menggunakan bahasa Turki, beberapa perguruan tinggi juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, khususnya perguruan tinggi swasta. Jika Anda sudah menguasainya, Anda bisa langsung kuliah. Namun, jika belum juga, maka Anda pun diharuskan mempelajarinya terlebih dahulu.

Bisa dikatakan, pascasarjana atau S2 adalah tingkat pendidikan yang paling banyak menerima mahasiswa asing dari luar Turki. Karena itulah, bahasa Inggris seringkali dijadikan bahasa pengantar perkuliahan di perguruan tinggi swasta. Ini kunci berapa lama kuliah S1 dan S2 di Turki. 

Lama Kuliah S3 di Turki

Tidak berbeda dengan di Indonesia, kuliah S3 di Turki paling cepat bisa Anda selesaikan dalam jangka waktu 4 tahun. Itu pun jika Anda sudah menguasai bahasa Turki. Jika belum, belajar dulu, ya. Karena, penulisan disertasi pun terkadang harus menggunakan bahasa Turki.

Masa studi program doktor selama empat tahun tersebut terdiri dari penyelesaian kursus, lulus ujian kualifikasi doktor, serta mempersiapkan dan membela tesis doktoral.

Bagi mahasiswa dari luar Turki, menyelesaikan program doktor dalam jangka waktu 5 tahun sudah termasuk cepat. Apalagi bagi mereka yang belum punya pengalaman belajar di Turki, atau program S1 dan S2 sebelumnya ditempuh di Indonesia. Jika masa studi S3 selama 5 tahun itu sudah termasuk belajar bahasa Turki, Anda benar-benar termasuk peraih gelar doktor tercepat.  

Inilah informasi berapa lama kuliah S1 dan S2 di Turki sekaligus S3. Semoga bisa menjadi manfaat. Info lengkap kuliah di Turki bisa menghubungi nomor +62813 3174 2497

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *