9 Kehebatan Erdogan Presiden Turki dan Faktanya

Kehebatan Erdogan
Recep Tayyip Erdogan

Kehebatan Erdogan Presiden Turki

Kejayaan suatu bangsa dan kemajuan negeri tentu menggambarkan sosok pemimpinnya. Tak terkecuali dengan Turki, negara berkembang yang kian maju ini dipimpin oleh presiden dengan dua kali masa jabatan. Kepercayaan bangsa Turki tentu tak lepas dari kharismatik sang presiden.

Yup, kita tau bersama.. Recep Tayyip Erdogan bahkan bukan merupakan putra presiden sebelumnya atau anak dari pejabat tinggi negara. Terdapat lebih dari setengah total suara yang ada memilih Erdogan sebagai pemimpin, bahkan disebutkan jumlah total pemilih hanya 87% dari keseluruhan bangsa Turki dan 50% memilih Erdogan sebagai presiden.

Nah, berikut kami akan ulas beberapa fakta menarik tentang kehebatan Erdogan yang belum kalian tahu. Latar belakang Erdogan akan membuat kamu kembali semangat meraih cita.

  • Anak Penjaga Pantai dan Kapten Laut

Siapa bilang jabatan presiden hanya bisa didapat oleh anak presiden sebelumnya atau pejabat tinggi negara? Recep Tayyip Erdogan adalah anak dari seorang penjaga pantai dan kapten laut bernama Ahmet Erdogan. Sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga bernama Tenzile Erdogan.

Erdogan lahir di Istanbul pada 26 Februari 1954 dan dibersarkan di Rize, sebuah daerah pesisir laut hitam. Ayahnya kembali lagi ke Istanbul saat Erdogan berusia 13 tahun untuk memperbaiki perekonomian mereka.

keindahan di Turki
sumber: internet
  • Berjualan Limun dan Roti Wijen Saat Remaja.

Kondisi perekonomian keluarga Erdogan tak cukup baik saat itu, Erdogan bersama empat saudaranya mencoba mencari cara untuk membantu orang tua mereka. Erdogan berjualan es limun dan roti wijen di jalan-jalan kota untuk mendapatkan uang tambahan. Salah satu kehebatan Erdogan adalah kegigihannya.

Dengan uang hasil berjualan limun dan roti wijen, Erdogan dapat sedikit meringankan beban orang tuanya. Tak hanya itu, saat berdagang, Erdogan merasa bahwa mendapatkan uang tak mudah, maka ia bertekad untuk mengerjakan apapun dengan baik dan bertanggung jawab atas pilihan-pilihan dalam hidupnya.

  • Erdogan “Anak Pondokan”

Sekolah Agama Imam Hatip menjadi salah satu sekolah agama tempat dimana Erdogan menghabiskan waktu remajanya. Mungkin kita bisa kategorikan Erdogan sebagai anak “pondokan” karena jenjang SMP dan SMA dilalui di Sekolah Agama Imam Hatip ini.

Setelah lulus dari Sekolah Agama Imam Hatip, Erdogan melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi di Marmara University. Erdogan kuliah di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi, jurusan Manajemen Bisnis.

Erdogan cukup aktif dalam organisasi kampus dan perkuliahan. Ia bergabung dengan gerakan politik mengikuti wajib militer pada tahun 1982.

  • Kehidupan Pernikahan Erdogan

Menikah dengan Emine Gulbaran pada tahun 1978, mereka bertemu dalam sebuah konferensi dan saling jatuh cinta. Kini, ibu negara Turki tersebut dikenal dengan nama Emine Erdogan dan merupakan keturunan etnis Arab. Emine adalah anak bungsu dari lima bersaudara yang lahir di Siirt dan tumbuh besar di Istanbul.

Pasangan Erdogan dan Emine dikaruniai empat orang anak, dua laki-laki dan dua perempuan. Mereka bernama Necmettin Bilal Erdogan, Ahmet Burak Erdogan, Sumeyye Erdogan dan Esra Erdogan.

Pandangan Erdogan yang akhirnya membuat publik merasa cair dengan presidennya adalah bahwa gadis-gadis di Turki janganlah terlalu pilih-pilih pasangan. Selain itu, Erdogan juga menghimbau kepada wanita-wanita di Turki untuk memiliki setidaknya tiga orang anak.

  • Ketua Partai yang Tak Menyukai Sosial Media.

Tahun 1984, Erdogan terpilih menjadi ketua distrik partai kesejahteraan dan kemudian menjadi walikota Istanbul pada tahun 1994. Karir Erdogan melejit dengan ditampuknya jabatan perdana menteri pada tahun 2003 hingga 2014. Tak berhenti disitu, Erdogan maju dalam pemilihan presiden yang dipilih langsung oleh rakyat pada tahun 2014 hingga kini.

Dibalik kemulusan karirnya, Erdogan dikenal sebagai pribadi yang banyak menerima pujian juga kritikan. Erdogan pernah membacakan puisi yang berdifat kontroversial hingga kemudian sempat dipejara selama empat bulan.

Hal menarik lainnya dari presiden Turki ini adalah ketidaksukaannya pada media sosial seperti Facebook dan lain sebagainya. “Ancaman paling buruk bagi masyarakat” itulah sebutan Erdogan bagi semua media sosial. Hal ini dibuktikan dengan ancaman Erdogan untuk memberangus twitter sehingga media sosial tersebut sempat tak bisa diakses selama dua minggu di Turki.

  • Mampu Membuat Istanbul Menjadi Indah

Karir Erdogan dimulai ketika memimpin Istanbul sebagai wali kota. Erdogan menjadi penolong orang miskin. Bantuannya berupa uang ataupun lainnya. Terutama terkai dengan air bersih. Erdogan berhasil mengalirkan air bersih ke rumah-rumah di Istanbul.

Uniknya Erdogan tetap sederhana. Ia tetap tingga di Qasim Basya yang memang rumahnya. Tentu ini menjadi kehebatan Erdogan yang patut ditiru.

Selain itu Erdogan berhasil mengeluarkan Instanbul dari hutang bahkan berhasil meraih keuntungan dengan pertumbuhan tujuh persen. Bahkan upah buruh ditingkatkan, sehingga kesejahteraan kesehatan dan sosial bisa ditingkatkan.

  • Kehebatan Erdogan Mengangkat Ekonomi Turki

Perlu diketahui bahwa Turki sebelum Erdogan berkuasa berada pada keadaan ekonomi yang kronis. Bahkan inflasi yang di luar dugaan. Seiring berjalannya waktu inflasi tersebut bisa dikendalikan dan mencapai angka rata-rata lima persen pertumbuhan ekonomi.

Di tahun 2011, pertumbuhan Ekonomi di atas 10 persen. Bahkan ketika 2019 Turki diterpa resesi, ekonominya kembali bangkit, dan terus menjadi kekuatan baru di Eropa.

  • Menjadikan Kekuatan Militer Disegani

Di Timur Tengah, Turki menjadi negara dengan kekuatan militer terbaik. Angkatan udara, darat, bahkan laut memiliki kekuatan yang mematikan. Jumlah tentaranya terbanyak nomor 14 di dunia.

Bahkan Turki memiliki setidaknya 3.778 tank siap perang. Jumlah ini adalah yang terbanyak nomor 9 di dunia. Oleh sebab itu kini Turki menjadi negara yang paling berpengaruh di Dunia.

Mengapa Turki menjadi negara maju

  • Mampu Menjadikan Turki Destinasi Dunia

Anda pasti sering menemukan Turki menjadi destinasi perjalanan luar negeri selain Umroh. Turki memang indah. Maka sering ditemukan perjalanan Umroh sepaket dengan kota-kota besar di Turki seperti Istanbul dan lain sebagainya. Inilah kehebatan Erdogan, mampu menarik mata dunia.

Tidak lupa Turki yang menjadi destinasi pendidikan dunia. Di Indonesia pun Turki menjadi favorit mahasiswa untuk merasakan Indahnya pendidikan di dua benua, Eropa dan Asia. Oleh sebab itu Erdogan memang sosok yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *