5 Komunitas Mahasiswa Indonesia di Turki

Komunitas Mahasiswa Indonesia di Turki merupakan sebuah anugrah tersendiri. Walaupun berbeda ras atau agama, bila sama-sama berkewarganegaraan Indonesia, maka akan langsung menjadi saudara.

Yap, kenyamanan komunikasi dengan orang yang memiliki latar belakang sama, pun dengan perasaaan kuat tentang nasionalisme, akan membuncah bila kita tidak berada di negeri sendiri. Begitu pula dengan para mahasiswa yang ada di Turki yang kini menjadi destinasi favorit kuliah mahasiswa dari Indonesia.

Rasa persaudaraan sedarah mengalir kuat sehingga organisasi-organisasi yang menjadi komunitas mahasiswa Indonesia di Turki cukup berkembang pesat. Berikut lima komunitas mahasiswa Indonesia di Turki yang bisa kamu ikuti.

Hampir disetiap negara, organisasi ini mudah untuk ditemui. Selama ada mahasiswa Indonesia di negara rantau, maka disana pula terdapat PPI. Adapun PPI Turki sudah berdiri sejak belasan tahun lalu dan memiliki website resmi di tahun 2011. Segala informasi paling update seputar kegiatan para mahasiswa di Turki dapat dilihat melalui website dan sosial medianya. Adapun PPI Turki membawahi banyak PPI cabang, sebut saja seperti PPI Istanbul, PPI Konya, PPI Izmir dan lain sebagainya.

Kegiatan PPI Turki cukup bervariasi, mulai diskusi keilmuan, pengajian, hingga talkshow dengan narasumber inspiratif. Wah, solid sekali ya komunitas mahasiswa Indonesia di Turki.

komunitas mahasiswa Indonesia di Turki
foto ilustrasi sumber: internet
  • Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor.

Tak jauh berbeda dengan PPI, IKPM Gontor juga hampir dipastikan ada di tiap negara, dimana alumni Pondok Gontor tersebar. Berdiri sejak tahun 2012 dan beranggotakan 10 orang, maka kini anggota IKPM Gontor hampir berjumlah 100 orang dan tersebar di berbagai wilayah di Turki.

Kegiatan IKPM Gontor juga tak jauh berbeda dengan kegiatan komunitas mahasiswa Indonesia di Turki umumnya. Diskusi keilmuan, pengajian, pertemuan dengan para guru dari Gontor hingga talkshow dengan para narasumber berkualitas rutin diadakan. Selain itu, mereka juga memfasilitasi para alumni Gontor yang ingin melanjutkan pendidikan di Turki. Jadi, bagi kamu para alumni Gontor yang ingin menimba ilmu ke Turki, bisa langsung cek website dan sosial media IKPM Turki ya.

  • Ikatan Mahasiswa Daerah

Ditengah hiruk pikuk masyarakat asing disekitar kita, tentu kawan-kawan yang merantau akan merasa kangen untuk berbahasa seperti bahasa lahir kita, atau makan makanan khas daerah masing-masing. Sebab kerinduan itulah, banyak ikatan mahasiswa daerah yang terbentuk, mulai dari Sabang hingga Merauke. Tak jarang bila bertemu, bahasa daerahlah yang digunakan, sehingga rasa rindu akan kampung halaman sedikit terobati.

Komunitas mahasiswa Indonesia di Turki juga berasal dari daerah, biasanya didaulat menjadi satu provinsi. Seperti Ikatan Mahasiswa Aceh di Turki atau Himpunan Masyarakat Madura. Kegiatan yang diadakan juga seringkali melibatkan pemerintah daerah dalam kerjasamanya. Jangan dikira sebatas kumpul-kumpul dan makan-makan lalu selesai ya. Berbagai ikatan mahasiswa daerah ini juga seringkali pulang kampung bersama dan menjaga silaturahmi mereka utuh sampai ke tanah air.

  • Pengurus Cabang Istimewa Nadhlatul Ulama di Turki (PCINU)

Tak bisa dipungkiri, dua organisasi agama terbesar di Indonesia pasti memiliki andil dan sumbangsih terhadap warganya yang melanjutkan pendidikan di luar negeri. Salah satunya adalah Nadhlatul Ulama (NU) yang memiliki organisasi PCINU di Turki.

Kegiatan keagamaan sentiasa disambut hangat oleh masyarakat Indonesia di Turki. Kultur budaya dalam beragama yang tentu berbeda dengan masyarakat Turki kebanyakan. Hal ini disadari oleh PCINU dan pengurus mulai mengadakan kegiatan keagamaan dengan budaya Indonesia. Selain itu, acara-acara keagamaan seoerti peringatan Isra Miraj, Ied Fitri dan lain sebagainya juga rutin diadakan secara meriah.

foto ilustrasi suasana kuliah di Turki
  • Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)

Bilai Nadhlatul Ulama memiliki PCINU maka Muhammadiyah sebagai organisasi agama terbesar kedua juga memiliki organisasi pemuda bernama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Kegiatan keagamaan yang diadakan tentu hampir sama.

Hal ini juga memudahkan masyarakat Indonesia yang tinggal di rantau karena kegiatan keagamaan tak bisa disentralkan pada satu titik saja. Beragamnya organisasi mahasiswa yang membentuk kegiatan keagamaan dan diskusi keilmuan membuat para mahasiswa menjadi open minded dan bebas memilih, IMM menjadi salah satu wadah dimana gayung organisasinya banyak bersambut. Hal ini dikarenakan Muhammadiyah sudah terkenal dengan kemajuan pendidikannya di Indonesia.

Inilah beberapa komunitas mahasiswa Indonesia di Turki yang bisa dijadikan tempat untuk berkumpul dan saudara.

2 Replies to “5 Komunitas Mahasiswa Indonesia di Turki”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *