4 Cara Mendaftar Kuliah di Turki

biaya kuliah di Turki

Cara Mendaftar Kuliah di Turki

Cara Mendaftar Kuliah di Turki kuliah di Turki saat ini menjadi fenomena tersendiri, karena kemudahan dan biaya yang terjangkau jika berangkat ke Turki via mandiri. Oleh sebab itu, tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang ingin kuliah di Turki, tapi banyak masyarakat di seluruh dunia.

Namun demikian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendaftar kuliah di Turki. Kami akan jelaskan dalam tulisan kali ini tentang beragam macam cara mendaftar kuliah di Turki, baik via beasiswa di Turki, atau bahkan via mandiri.

  • Beasiswa Kuliah di Turki

Paling favorit untuk kuliah di Turki adalah jalur beasiswa. Salah satu programnya adalah program Turkiye Scholarships. Program ini memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan beasiswa ke Turki.

Enaknya program ini adalah, mahasiswa tidak perlu mendaftar kedua kalinya ke universitas, jadi ketika mendaftar online sudah disediakan yang namanya form untuk universitas yang menjadi tujuan.

Beasiswa tersebut meliputi

  1. Beasiswa penuh (seluruh biaya pendidikan hingga lulus).
  2. Tunjangan biaya hidup per bulan: 700 Lira Turki (sekitar Rp 1,6 juta) untuk beasiswa S1 950 Lira Turki (sekitar Rp 2,2 juta) untuk beasiswa S2 1.400 Lira Turki (sekitar Rp 3,2 juta) untuk beasiswa S3.
  3. Tunjangan empat tinggal dan akomodasi
  4. Asuransi kesehatan.
  5. Biaya perjalanan pergi pulang Indonesia-Turki.
  6. Pembiayaan gratis kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan.
  7. Penerima beasiswa mendapatkan bimbingan sosial, budaya, dan akademik dalam bentuk kongres, seminar, akademi mahasiswa internasional, program-program terkait olahraga dan seni, pelatihan, peluang magang, dan orientasi karier.

Namun demikian untuk beasiswa ini yang perlu diketahui adalah kemungkinan yang tidak terlalu besar. Karena jumlah yang diterima setiap tahunnya biasanya berjumlah 30-50 orang.

Oleh sebab itu persaingan sangat ketat. Itu pun tidak sebatas dari Indonesia, tapi juga dari berbagai macam negar. Maka bisa dikatakan kemungkinannya sangatlah kecil.

  • Daftar Kuliah di Turki Via Beasiswa Pemerintah

Untuk yang satu ini Anda bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia melalui beberapa jalur, seperti LPDP, atau beragam beasiswa dari pemerintah Indonesia. beasiswa ini justru lebih memungkinkan daripada beasiswa yang berasal dari negeri Turki itu sendiri.

Segala biaya pun ditanggung, dari biaya kuliah, hingga biaya hidup semasa menjalani masa studi di Turki. Persiapannya adalah ujian yang akan diadakan oleh pemerintah Indonesia itu sendiri.

  • Mendaftar Kuliah di Turki Via Berkas

Cara daftar kuliah di Turki yang nomor selanjutnya adalah jalur berkas. Jalur berkas itu sama artinya jalur mandiri. Anda mengurus sendiri dari A-Z dengan biaya sendiri.

Biasanya yang perlu dipersiapkan adalah berkas-berkas yang dibutuhkan. Rata-rata universitas diatas membutuhkan ijazah atau surat keterangan lulus yang telah diterjemahkan. Setelah itu, transkrip nilai kamu yang harus sesuai dengan standar mereka.

Nilai-nilai kamu dalam bahasa akan dikonversikan dengan nilai-nilai pada bahasa Turki. Setelah itu, baru mereka akan menentukan apakah kamu layak diterima atau menjadi nama mahasiswa cadangan.

Standar nilai yang akan ditetapkan bergantung pada fakultas yang kamu ambil. Fakultas kedokteran dan farmasi memiliki grade yang cukup tinggi sehingga membutuhkan nilai rata-rata 90 pada tiap mata pelajaran yang kamu miliki.

Namun demikian cara ke-3 ini justru jauh lebih sulit dari cara nomor 1-2, karena cara yang nomor tiga ini harus punya relasi di Turki, kalau tidak akan sangat sulit. Apalagi rata-rata di Turki komunikasi justru menggunakan bahasa lokal Turki. Tidak banyak yang menggunakan bahasa Inggris.

keindahan di Turki
sumber: internet | Mendaftar kuliah di Turki
  • Daftar Kuliah di Turki Via Agen

Yang nomor terakhir ini adalah cara mendaftar kuliah di Turki yang paling banyak digunakan di era sekarang. Agen seperti layaknya biro travel, yang akan mengurus semua administrasi, berkas, hingga keberangkan.

Agen kuliah ini juga akan menyiapkan kursus bahasa Turki, bahkan sampai menyediakan asrama di Turki. Sehingga tidak perlu khawatir.

Apakah setiap mahasiswa akan diterima melalui agen? Jawabannya 99%. Ya, karena bisa jadi ada hal tidak terduga sehingga tidak diterima, contoh, kesalahan berkas, kesalahan komunikasi dan itu bisa terjadi meskipun sangat kecil.

Salah satu Agen Kuliah di Turki adalah ECC, yaitu agen kuliah yang berada di bawah pondok pesantren Darul Hikam Mojokerto serta memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia.

Layanan-layanan yang diberikan adalah sebagai berikut

  • Bimbingan persiapan kuliah di Turki dalam bentuk pendampingan pra ujian, psikologis, dan penjelasan biaya.
  • Pendampingan ujian tertulis di kota-kota besar di Indonesia.
  • Bimbingan pemilihan kampus dan jurusan yang sesuai dengan passion peserta.
  • Kursus bahasa Turki dasar di Indonesia.
  • Pendaftaran kampus di Turki dan pengurusan segala administrasi.
  • Menyediakan asrama yang dekat dengan kampus.
  • Pengurusan Visa Study di kedutaan besar Turki.
  • Tiket pesawat Jakarta-Istanbul
  • Akomodasi dari bandara hingga ke tempat tinggal.
  • Jasa pengurusan administrasi di Turki.
  • Mendaftarkan kursus bahasa di Turki
  • Transkrip ijazah menggunakan bahasa Turki
  • Membantu pengurusan asrama beberapa bulan di Turki pada tahap awal dan berkomunikasi dengan mahasiswa Indonesia di Turki.
  • Info lengkap di 0813 3174 2497

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *