Pengalaman Kuliah di Turki Melalui Agen

Pengalaman kuliah di Turki
Kami di antara mahasiswa lain di Turki

Pengalaman Kuliah di Turki

Pengalaman kuliah di Turki – Ini catatan pengalaman dari mahasiswa yang kuliah di Turki melalui agen kuliah di Turki ECC. Tulisan ini dirangkum dari beberapa pendampingan mahasiswa seperti Iqbal dan Fauzan yang kuliah di Dokuz Eylul. Harapannya catatan ini menjadi gambaran bagaimana kuliah di Turki melalui agen pendidikan.

Fakta Kuliah di Turki

Memang Turki begitu menarik banyak orang untuk berkunjung. Tidak hanya mahasiswa, bahkan pelancong pun banyak yang ingin mengunjungi Turki. Oleh sebab itu banyak biro perjalanan banyak menjadikan Turki sebagai objek wisata, atau bahkan satu paket dengan umroh.

Kami pun demikian. Tertarik dengan Turki karena sejarah yang tidak bisa dilupakan. Turki memang kota penakluk. Dulu dikenal Al Fatih sang penakluk konstantinopel. Sehingga Turki menjadi Negara penuh dengan sejarah, dan penuh dengan semangat perjuangan.

Maka banyak tempat bersejarah, seperti di Istanbul. Juga kota-kota yang lain. Tentu tidak bisa dilupakan masjid Hagia Sophia. Sehingga pengalaman kuliah di Turki sangat berarti sekali.

Fakta lain Turki yang membuat menarik minat untuk berkunjung adalah pertemuan peradaban antara Eropa dan Asia dalam satu Negara. Ini adalah peradaban yang istimewa, bagi kami hal ini menjadi satu daya tarik. Darah banyak dari Eropa, tapi sikap dan keseharian banyak dari Asia. Maka setiap orang akan cocok berada di negeri sufi tersebut.

Nah, akhir-akhir ini, sekitar sepuluh tahunan terakhir, tepatnya ketika Erdogan mulai menjadi penguasa di Turki, kampus-kampus membuka pintu lebar-lebar bagi pelajar asing. Turki sepertinya ingin menjadi pusat peradaban dunia. Salah satunya dalam aspek pendidikan. Sehingga pengalaman kuliah di Turki semakin banyak orang yang ingin tahu.

Caranya adalah banyak kampus diberikan subsidi oleh pemerintah. Dari subsidi inilah pada akhirnya menghasilkan kampus dengan biaya pendidikan yang murah. Bahkan lebih murah dari Indonesia. Itu benar.

Tiba di Turki

Juga banyak kampus yang memiliki kualitas cukup bagus. Karena dekat dengan eropa, banyak kampus menggunakan sistem Bologna, sistem yang banyak digunakan di kampus Eropa. Sehingga menjadikan mahasiswa Indonesia tidak rugi hadir di sana.

Lewat Agen Kuliah di Turki

Lalu kemudian kami berpikir, memang tersedia beasiswa ke Turki bagi mahasiswa, melalui banyak jalur. Namun demikian tidak mudah. Belum tentu sulit, dan jumlahnya tentu sedikit. Namun keinginan untuk kuliah di Turki sangat kuat.

Oleh sebab itu kami menggunakan agen kuliah di Turki. Apalagi kami belum punya pengalaman kuliah di Turki. Yang kami gunakan adalah ECC. Alasannya, memang yang kami tahu adalah ECC, juga karena ECC berasal dari pesantren Darul Hikam sebagai tempat banyak teman kami nyantri. Sehingga kami percaya. Juga belum ada kasus yang membuat kami meragukan.

Tentu Anda bisa menggunakan agen kuliah di Turki yang lainnya. Cukup banyak kok. Yang perlu diperhatikan paling utama adalah, apakah agen tersebut memiliki kerjasama resmi dengan kampus-kampus favorit di Turki atau tidak. Jika tidak, bisa jadi diletakkan di kampus kecil, karena kampus kecil banyak memberikan kuota. Anda tetap bisa kuliah, tapi sangat disayangkan.

Kedua, kenapa memakai agen kuliah, kami tidak mau ribet, titik. Kami ingin terima jadi. Meskipun tetap harus tes, dan juga harus persiapan bahasa, tapi kami memang menginginkan segala sesuatunya diuruskan. Dan itu memang benar.

Kami diuruskan dari mulai persiapan, pendampingan bahasa Turki dasar, juga diantar, sampai benar-benar masuk kuliah.

Pemilihan Kampus di Turki

Pasti banyak yang bertanya, terus bagaimana cara memilih kampus di Turki. Padahal kita masih di Indonesia. Kami dulunya juga demikian. Kami belum punya pengalaman kuliah di Turki. Bagian ini menurut kami yang paling kami sukai.

Pihak Agen Kuliah ECC akan memberikan daftar kampus yang sudah kerjasama, bukan semua kampus. Sehingga kita bisa benar-benar diterima di kampus tersebut. Kampusnya pun bagus-bagus. Di antara beberapa kampusnya adalah

  1. Middle East Techniq University
  2. Sulayman Demirel University
  3. Istanbul University
  4. Marmara University
  5. Uludag University
  6. Selcuk University
  7. Dokuz Eylul
  8. Dan masih banyak lagi

Kami tidak bisa menulis satu persatu karena memang cukup banyak. Bagaimana kalau kita bingung?

Di sinilah peran agen kuliah penting. Jangan sampai ke Turki belum dapat kampus, dijamin justru membuang waktu. Pihak Agen Kuliah ECC akan bertanya tentang jurusan yang ingin kita tuju. Dari situlah diberikan saran kampus mana yang nantinya lebih baik untuk mahasiswa.

Jika kita tidak yakin, bisa searching satu persatu kampus yang sudah diberikan listnya. Tapi dijamin lelah. Mending minta saran agen kuliah ECC, dikasih pilihan beberapa kampus, misalkan 3 kampus, baru kemudian kita searching informasi mana yang terbaik.

Indahnya kota Izmir, Turki

Tes Masuk di Turki

Ketika sudah benar-benar berniat untuk ke Turki, maka segala berkas dipersiapkan. Kami tidak akan menjelaskan di sini. Lebih baik ditanyakan via whatsapp di ECC. Berkas-berkas itu nantinya diserahkan ke ECC, lalu mereka yang mengurus dan mendaftarkan.

Jangan berpikir tanpa tes langsung masuk. Justru kita harus melewati tes di Surabaya, atau di Jakarta. Ini yang kami tahu. Dari tes inilah akan keluar hasil nilainya yang akan menentukan administrasi pendaftaran.

Jangan kebayang sulit, karena ada bimbingan dari pihak agen kuliah di Turki ECC.

Proses Pembiayaan

Urusan biaya memang sangat sensitive. Maksudnya adalah, harus cari agen yang menyampaikan seluruh biaya dengan terbuka. Karena bisa jadi ada agen yang menunjukkan biaya murah, tapi ternyata ada biaya-biaya susulan yang muncul di Turki.

Agenda bersama Salahuddin Uno

Untuk hal ini pihak agen kuliah ECC membuka semua pembiayaan yang harus ditanggung mahasiswa. Dari tiket, pendaftaran, biaya kuliah, sampai biaya asrama. Sehingga ketika sudah sampai di Turki mahasiswa atau pun orang tua tidak bingung jika ada biaya tambahan, karena semua sudah dijelaskan.

Proses Pemberangkatan

Ini yang cukup mendebarkan bagi kita yang berangkat melalui agen kuliah. Ketika semuanya sudah diurus, biasanya takut tidak berangkat, khawatir penipuan dan lain sebagainya. Tidak dipanggil misalkan. Khawatir itu pasti ada.

Ketika kami, berangkat bersama-sama dengan teman-teman lain yang ternyata tidak sedikit. Semuanya ke Turki tapi di kampus yang berbeda-beda, ada yang di Uludag University, ada juga yang di Dokuz Eylul. Tapi semua ke Turki. He pada saat ini kita senangnya bukan main.

Yang enak juga semua hal di Turki, sampai tempat tinggal sudah diuruskan untuk satu tahun. Jadi anggap saja satu tahun itu masa penyesuaian kita. Rumah atau asrama sudah dikontrak satu tahun. Selepas satu tahun biasanya kita urus sendiri semua, agen pendidikan sudah melepas. Tapi kita sudah mapan di Turki.

Pengalaman kuliah di Turki | Masa Awal

Sekadar informasi, kuliah di Turki banyak yang menggunakan bahasa Turki. Jadi banyak mahasiswa Indonesia harus belajar bahasa Turki terlebih dahulu. Seperti kuliah di arab, atau di Jepang yang mengharuskan kita menggunakan bahasa lokal bukan bahasa internasional.

Belajar bahasa di Turki yang kami alamai ada empat level, setiap levelnya ditempuh dalam waktu 1.5 bulan. Belajar bahasa ini wajib. Tidak boleh tidak. Nah jika ingin mengembangkan, dan disarankan bisa masuk di kelas tambahan.

Sehingga waktu yang harus ditempuh di Turki untuk bahasa saja sekitar 6 bulan. Ya, rata-rata semua Negara punya sistem demikian.

Ini sekelumit pengalaman kuliah di Turki melalui agen. Pengalaman bisa berbeda-beda, tergantung dari masing-masing yang mengikuti. Untuk informasi dan jika ingin mendaftar, bisa berkomunikasi via WhatsApp di 0813-3174-2497. Yang menerima ramah, coba Anda bertanya-tanya tidak apa-apa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *