Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta di Turki

sakarya university
Universitas negeri dan swasta di Turki

Universitas Negeri dan Swasta di Turki – Banyak yang masih belum mengerti bahwa kuliah di Turki memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah tentang status universitas negeri dan swasta. Terutama dalam aspek pembiayaan. Maka Anda harus mengetahui detil sebelum kuliah di Turki.

Jumlah Kampus Negeri dan Swasta di Turki

Di Turki jumlah Universitas Negeri dan Swasta berbeda dengan Indonesia. Jika di Indonesia kampus swasta berkembang cukup banyak, di Turki justru kampus negeri yang paling banyak. Jumlah kampus negeri berkisar di atas seratus, sedangkan swasta enam puluhan. (2018).

Secara kulitas, pendidikan universitas negeri dan swasta tergantung kampusnya. Ada negeri yang sangat bagus, ada juga swasta yang sangat bagus. Bahkan sepuluh universitas terbaik di Turki, beberapa di antaranya ada yang negeri ada juga yang swasta. Jadi pintar-pintar kita sebagai calon mahasiswa.

Namun demikian, kuliah di Turki membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi masyarakat lokal, maupun internasional. Turki memang dikenal sebagai Negara yang sedang mempopulerkan dirinya melalui banyak faktor, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan.

Pada tahun 2015-2016, jumlah pelajar asing yang kuliah di Turki mencapai hampir 50.000 orang. Jumlah akan terus membesar. Setiap tahun angka ini pun semakin bertambah dan terus bertambah. Tidak mungkin berkurang. Maka jalur pendidikan di negeri tulip ini dipermudah.

Marmara University

Seleksi di Universitas Negeri dan Swasta di Turki

Setiap Universitas Negeri dan Swasta di Turki ada kuota mahasiswa asing yang bisa diraih dengan ujian khusus untuk mahasiswa asing atau internasional. Tentu beberapa perguruan tinggi yang populer, seperti METU (midle East Technical University), membatasi kuotanya. Logikanya, animo yang masuk sudah sangat banyak. Sehingga tidak buka kuota cadangan.

Oleh sebab itu kuota masuk perguruan tinggi terbaik di Turki sangat ketat. Tidak asal daftar saja kemudian bisa berangkat dan kuliah.

Nah untuk universitas kecil, biasanya ada kuota tambahan, atau cadangan. Ya logikanya, universitas kecil belum populer, maka mencari tambahan siswa, dipermudahlah pendaftarannya. Modalnya hanya ijazah saja. Masalahnya jika tidak tahu, bisa ditempatkan di kampus yang berada jauh dari pusat kota. Inilah yang terkadang dimanfaatkan oleh agen pendidikan kuliah di Turki yang nakal.

Memang peluang masuk sangat besar, tapi secara kualitas pada akhirnya standard. Tidak mendapatkan kampus yang terbaik. Meskipun memang kuliah di Turki pasti akan mendapatkan nilai kelebihan, terutama dalam aspek komunikasi, relasi, dan posisi di dunia internasional.

Perbedaan Biaya Universitas Negeri dan Swasta di Turki

Perbedaan paling mencolok antara universitas negeri dan swasta di Turki adalah persoalan biaya kuliah. Universitas negeri di Turki memiliki biaya yang jauh lebih murah daripada biaya universitas swasta di Turki. Maka sederhananya jika ingin kuliah di Turki, carilah kampus negeri yang bagus.

Biaya kuliah di Turki untuk kampus swasta bisa mencapai $20,000, wow, sekitar 278 juta pertahun. Sedangkan untuk kampus negeri hanya membutuhkan $300-800 atau sekitar Rp 4-11 juta pertahun. Tentu biaya kuliah di universitas negeri di Turki jauh lebih murah.

Sedangkan biaya hidup di Turki tergantung dari kebiasaan setiap orang. Bisa sangat mahal, bisa juga sangat murah. Atau semberi bekerja. Tapi rata-rata satu bulan bisa menghabiskan biaya $400-500, atau sekitar 5-7 juta. Sudah termasuk asrama dan jajan setiap harinya. Untuk persoalan ini, kuliah di universitas swasta atau negeri di Turki tergantung individunya.

keindahan di Turki
sumber: internet

Bahasa Pengantar Universitas Negeri dan Swasta di Turki

Turki merupakan Negara dengan tingkat kebanggaan budaya yang sangat tinggi. Oleh sebab itu bahasa sehari-hari masyarakat di sana adalah bahasa Turki. Bahkan kebanyakan universitas di Turki juga menggunakan bahasa Turki sebagai pengantar.

Namun demikian, bukan berarti tidak ada kampus yang menggunakan bahasa Inggris, beberapa kampus besar justru menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, seperti İzmir Yüksek Teknologi Enstitüsü, Hacettepe Üniversitesi, Gazi Üniversitesi, Galatasaray Üniversitesi, İstanbul Teknik Üniversitesi, İstanbul Üniversitesi, Yıldız Teknik Üniversitesi, Marmara Üniversitesi, Boğaziçi Üniversitesi, Sabancı Üniversitesi dan Koç Üniversitesi.

Untuk dapat diterima di jurusan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, kita harus menunjukkan bukti ujian proficiency bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS. Pilihan lain adalah bisa masuk ke ujian bahasa Inggris yang diadakan oleh pihak universitas.

Bahkan beberapa kampus dalam beberpa materi ada yang menggunakan bahasa Perancis dan Jerman. Jika Anda mampu menguasai semuanya cukup bagus, tapi pasti tidak mudah untuk menguasai bahasa Inggris, Turki, Jerman, dan Perancis secara bersamaan.

Tapi yang jelas, jika Anda masuk di universitas Negeri di Turki, bahasa Turki akan lebih dominan. Oleh sebab itu selalu ada masa persiapan sebelum ke Turki, salah satunya adalah bahasa Turki.

Universitas Negeri dan Swasta di Turki

Bantuan Agen Kuliah di Turki

Nah, kuliah di Turki memang tidak sejelas di Mesir yang hanya menggunakan bahasa Arab, dengan pendaftaran yang sama. Di Turki banyak macamnya. Sehingga banyak yang menggunakan agen kuliah di Turki. Seperti ECC yang berbasis pesantren Darul Hikam.

Kelebihannya, semua akan diuruskan, mulai dari pendaftaran, visa, diantar, hingga dicarikan asrama. Hanya saja Anda harus komunikasi terkait universitas pilihan yang bisa memberikan pendidikan terbaik di sana. Info lengkap bisa hubungi nomor ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *