Profil Negara Turki Yang Fenomenal

Profil Negara Turki – Tahukah kamu tentang negara yang sebagian besar wilayahnya berada di benua Asia namun teritorinya termasuk benua Eropa?

Yup, negara tersebut adalah Turki atau disebut Turkiye dalam bahasa setempat. Sebuah negara besar yang terdapat di wilayah Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara.

Negara ini dikenal sebagai negara transkontinental atau negara lintas benua. Berbatasan dengan laut Hitam di sebelah utara dan laut Marmara yang menandai batas wilayah Eropa dan Asia. Sehingga cukup indah dan menjadi destinasi kuliah bagi mahasiswa Indonesia.

Sedangkan Bulgaria di barat lautnya, Yunani di sebelah barat, Georgia di timur laut, Irak dan Suriah di tenggara hingga Armenia dan Iran di sebelah timur. Selain banyaknya negara dan laut yang menjadi batas wilayahnya, apa saja sih yang menjadi seluk beluk Turki? Berikut ulasan profil negara Turki.

profil negara turki

Setiap orang yang pernah berkunjung ke Turki akan merasa takjub dengan negara ciptaan Tuhan yang begitu indah ini. Dataran tingginya memiliki udara yang sangat segar dengan aliran air yang jernih.

Buah dan sayur tumbuh tanpa obat kimia, matang secara natural. Sedangkan produk daging dan susunya didapat dari hewan ternak yang digembalakan di lingkungan yang paling alami. Beberapa dataran tinggi yang terkenal adalah Taurus dan Kackar Highland. Oleh sebab itu profil negara Turki sangat istimewa.

Lantas bagaimana dengan lautnya? Beberapa diantaranya bahkan menjadi pantai terbaik di dunia. Sebut saja seperti Laut Hitam, Aegea dan Mediterania. Sedangkan kota-kotanya dipenuhi dengan perpaduan unik sejarah, keajaiban alam dan berbagai kuliner. Dipastikan kamu tidak akan pernah bosan jika mengulik kekayaan alam Turki. Inilah profil negara Turki yang pertama.

  • Profil Budaya Turki

Mungkin kalian tak asing dengan tarian sufi? Ini merupakan salah satu budaya Turki yang paling fenomenal. Unsur-unsur budaya yang salah satunya melahirkan tarian sufi, bersumber pada budaya Asia Barat dan Tengah dengan sedikit pengaruh gaya Eropa dan Kaukasus.

Selain tarian, masyarakat Turki juga menyukai musik dan sastra. Beberapa lagu kunonya terdengar seperti lagu Yunani, sedangkan musik-musik yang sekarang digandrungi umumnya bernuansa Asia Tengah dan Arab.

Pernah dengar nama sastrawan Nasrudin Hoja? Beliau merupakan salah satu penulis cerita tradisionalnya Turki. Dikenal pula nama-nama penyair seperti Yunus Emre dan Asik Veysel. Sekalipun aliran utama sastra Turki adalah puisi dan prosa, namun salah satu novelis Turki bernama Orhan Pamuk, pernah menjadi pemenang nobel sastra pada tahun 2006. Inilah mengapa profil negara Turki cukup banyak yang mencari.

  • Pendidikan di Turki.

Meski belum terkenal seperti pendidikan di Eropa atau Amerika, melanjutkan pendidikan di Turki cukup perlu dipertimbangkan. Dikenal dengan tiga jenjang pendidikannya, Turki memiliki pendidikan yang lebih maju dan bersaing dengan negara-negara berkembang lainnya.

Ketiga jenjang itu addalah, jenjang dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Total lama pendidikan yang ditempuh oleh warga Turki adalah 12 tahun hingga mendapat gelar sarjana.

Pendidikan tinggi yang ditawarkan oleh Turki juga cukup menarik untuk ditelaah. Tak hanya bagi warga asli Turki, hal ini juga berlaku bagi warga negara lain. Salah satunya adalah masuknya Turki di peringkat 20 besar dalam publikasi jurnal ilmiah. Perguruan tinggi negeri bahkan memberikan subsidi bagi para mahasiswanya.

Selain itu, biaya hidup di Turki juga masih masuk akal bagi kantong mahasiswa. Pemerintah Turki sangat terbuka bagi pelajar negara lain dengan memberikan tambahan kuota masuk sebesar 350 ribu orang. Karena profil negara Turki yang demikian menjadikan Turki menjadi tujuan kuliah. Baca 5 Kelebihan Kuliah di Turki.

  • Masyarakat Turki

Sebagian besar masyarakat Turki berasal dari kawasan Asia Tengah. Mereka datang pada tahun 1000 M dan menjadi dominan penduduk disana. Sedangkan bahasa yang dipakai adalah bahasa Turki dan alfabet yang mendominasi masih alfabet bentuk Romawi yang disempurnakan.

Masyarakat Turki sebagian besar beragama Islam dan minoritas Nasrani, namun toleransi yang dibangun di sana cukup kuat, sehingga kita jarang menemukan perselisihan agama. Profil negara Turki inilah yang menjadi magnet besar.

Dikenal dengan rupawannya, para pria dan wanita Turki memang mewarisi dua darah, darah Eropa dan Asia. Jadi, jangan heran bila pergi ke Turki, bahkan rakyat biasapun memiliki paras yang jauh lebih cantik dan tampan dari orang melayu. Masyarakat Turki juga menyukai kuliner manis dan memiliki makanan khas bernama kebab yang sudah sangat mendunia.

Mengucapkan salam dan bersikap ramah juga menjadi bagian dari persaudaraan yang dibangun oleh warga Turki. Tak heran bila mereka sangat “welcome” dengan orang asing. Kita tak perlu takut untuk berbasa-basi dengan mereka. Masyarakat Turki begitu mencintai minum teh dan mengobrol manis bersama.

Inilah mengapa profil negara Turki semakin besar masyarakat dunia menjadikan Turki sebagai pusat perhatian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *